Pelindo III Terapkan Layanan Terintegrasi Berbasis Internet

Oleh Liputan6.com pada 19 Des 2019, 13:30 WIB
Diperbarui 19 Des 2019, 14:17 WIB
Pelindo III mencatat 153 rencana kedatangan kapal pesiar di sejumlah pelabuhan yang dikelola oleh perseroan di tahun 2019 ini. (Foto: Pelindo III)

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III atau Pelindo III mulai memberlakukan layanan integrasi secara serentak di seluruh pelabuhannya dengan sistem pelayanan kepelabuhanan berbasis internet bernama Port Operation Command Center atau POCC. Hal ini seiring meningkatnya aktivitas kapal dan bongkar muat barang di sejumlah pelabuhan.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung menuturkan, POCC merupakan terobosan pelayanan yang diberikan Pelindo III kepada para pemegang kebijakan dan mitra bisnisnya yang ada di empat regional di bawah wilayah kerja Pelindo III, di antaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali Nusa Tenggara, dan Kalimantan.

"Harapan kami melalui sistem ini pelayanan kegiatan kepelabuhanan yang selama ini terlaksana bisa semakin cepat dan mudah," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 18 Desember 2019.

Ia mengatakan, Pelindo III juga terus berupaya meningkatkan pelayanan dalam kegiatan kepelabuhan untuk kenyamanan para mitra bisnisnya. Dia menuturkan, POCC akan beroperasi selama 24 jam non-stop dalam 7 hari seminggu dan merupakan sistem layanan digital berbasis internet yang mengatur seluruh aktivitas kepelabuhan baik bongkar muat maupun jadwal sandar kapal di pelabuhan.

Sistem ini akan menghubungkan antara petugas Pelindo III, stakeholder atau pemangku kepentingan pelabuhan dan mitra bisnis atau pemilik kapal dalam satu layanan, sehingga semakin mempermudah proses koordinasi di pelabuhan.

2 dari 3 halaman

Layanan Telah Diujicoba

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Pelindo III memperpanjang dermaga Pelabuhan Bagendang, di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, layanan ini telah diujicoba di regional Jawa Timur pada 6 Desember 2018, dan hasilnya dalam evaluasi selama beroperasi layanan ini mampu memperingkas pelayanan rata-rata hingga 30 persen dibandingkan dengan sistem sebelumnya.

Melalui POCC beberapa layanan menjadi lebih cepat, di antaranya waktu verifikasi permohonan pelayanan dari semula 1,17 jam menjadi 0,3 jam, kemudian waktu tunggu pelayanan dari yang semula 13,57 menit menjadi 11,34 menit dan waktu pergantian kapal di dermaga dari 4,42 jam menjadi 3,93 jam.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓