4 Tempat Wisata Pilihan di Surabaya untuk Libur Akhir Tahun

Oleh Liputan Enam pada 19 Des 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 07 Jan 2020, 13:23 WIB
Tugu Pahlawan

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang akhir tahun 2019 dan libur panjang, sudahkah Anda menyiapkan diri untuk pergi berlibur bersama orang tersayang?

Bagi Anda yang masih bingung ingin berwisata ke mana, mungkin Surabaya bisa menjadi pilihan untuk tujuan berlibur Anda. Surabaya mempunyai daya tarik tersendiri dalam sektor pariwisata.

Dari daratan hingga lautan, dari taman hingga hutan, ada juga wisata religi tempat ibadah, dan hampir semuanya ada di Surabaya. Tak hanya tempat wisata saja, Surabaya juga banyak menjajakan kuliner, dari makanan berat hingga jajanan pasar, banyak ditemui di setiap sudut kotanya.

Selain itu, akses kendaraan yang sudah diperbaharui membuat wisatawan yang akan berkunjung ke beberapa tempat di Surabaya terasa mudah. Tempat wisata di Surabaya ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di mana saja tempatnya? Berikut rangkumannya, seperti dikutip dari berbagai sumber, Kamis (19/12/2019):

1. Alun-Alun Tugu Pahlawan

Jika sedang berada di Surabaya, tak lengkap rasanya kalau tak mengunjungi tempat yang satu ini. Ya, Alun-Alun Tugu Pahlawan, terletak di Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur.

Alun-Alun Tugu Pahlawan menjadi salah ikon dari Surabaya yang mempunyai julukan Kota Pahlawan. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa 10 November 1945 yang secara historis, arek-arek Suroboyo berjuang untuk mengusir pasukan sekutu dan Belanda yang akan menjajah kembali Indonesia.

Di bawah Tugu Pahlawan ini terdapat sebuah bangunan museum yang digunakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya. Museum ini diresmikan oleh K.H. Abdurrahman Wahid pada 19 Februari 2000.

Selain untuk bersantai menikmati suasana Surabaya, Anda juga bisa mendapatkan wawasan di tempat yang bersejarah ini. Anda juga bisa jalan-jalan di sekitaran alun-alun.

2 dari 4 halaman

2. Kawasan Wisata Religi Ampel

Beduk Misterius di Masjid Peninggalan Sunan Ampel (Buat Yahoo)
(Dhimas Prasaja/Liputan6.com)

2. Kawasan Wisata Religi Ampel

Surabaya memang terkenal mempunyai banyak wisata bangunan bersejarah. Terlihat dari banyaknya museum, masjid, klenteng, bahkan rumah-rumah klasik masih berdiri kokoh di Surabaya.

Kali ini, di Surabaya terdapat kawasan wisata religi dalam bentuk rumah ibadah, yaitu Masjid Agung Sunan Ampel. Masjid ini didirikan oleh Raden Achmad Rachmatulloh atau yang dikenal dengan Sunan Ampel pada  1421. Jika dihitung, masjid ini sudah berdiri hampir 600 tahun lamanya.

Selain Masjid Agung Sunan Ampel, di Kawasan Wisata Religi Ampel ini juga mempunyai wisata kuliner yang khas. Kuliner yang terkenal di kawasan wisata ini adalah sate karak dan gulai kacang hijau. Di sini juga dapat ditemui jajanan khas Timur Tengah, seperti roti maryam.

Kawasan ini berada di Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Tidak ada salahnya Anda menghabiskan libur panjang dengan mengunjungi Kawasan Wisata Religi Ampel ini.

3. Pantai Kenjeran

Selain wisata daratnya, Surabaya juga mempunyai wisata pantai, yaitu Pantai Kenjeran. Pantai Kenjeran adalah salah satu pantai yang terkenal di Surabaya. Letaknya 9 km kea rah timur pusat kota Surabaya, tepatnya di Jalan Raya Pantai Lama No.12, Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya, Jawa Timur.

Melansir dari buku "Jalan-Jalan Surabaya Enaknya Ke Mana?” yang ditulis oleh Yusak Anshori dan Adi Kusrianto, di Pantai Kenjeran Lama pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai sambil berlayar dan memancing, atau bisa juga berbelanja beragam hasil laut.

Kenjeran adalah pantai tak berpasir. Objek wisata terbaru yang ada adalah pulau pasir di tengah laut. Untuk dapat sampai ke “pulau” tersebut, wisatawan bisa menyewa perahu dengan harga Rp 5 ribu per orang, perahu dengan motor temple dapat diisi hingga 10 orang.

Sebagai objek wisata unggulan kota Surabaya sejak 1965, sekarang Pantai Kenjeran mulai berbenah. Fasilitas-fasilitas pendukung pun disediakan. Mulai dari areal penginapan, sirkuit, sampai dermaga perahu disiapkan untuk memudahkan pengunjung yang ingin menikmati pemandangan Jembatan Suramadu.

Perahu motor nelayan disiapkan agar pengunjung dapat berlayar ke tengah laut dengan membayar tiket sebesar Rp 100 ribu untuk 10 penumpang. Selama berlayar dua jam menuju Suramadu, wisatawan bisa menikmati pemandangan Pulau Madura dari sebelah utara.

Pantai Kenjeran sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata akhir tahun karena mempunyai banyak tempat untuk berekreasi di dalamnya.

3 dari 4 halaman

4. Taman Bungkul

Taman Bungkul, Surabaya
Taman Bungkul adalah salah satu objek wisata keluarga di Surabaya (Foto: ragamnusantara.info)

4. Taman Bungkul

Selain mempunyai julukan kota pahlawan, Suabaya juga mempunyai julukan kota sejuta taman. Bukan tanpa alasan Surabaya mempunyai julukan itu, hal tersebut karena banyaknya taman yang ada di Surabaya. Taman-taman ini juga disulap menjadi tempat wisata yang ramah bagi semua kalangan. Ada beberapa taman yang ramai dikunjungi, salah satunya adalah Taman Bungkul.

Taman Bungkul adalah taman yang terkenal di Surabaya. Taman ini berada di Jalan Raya Darmo, Surabaya, Jawa Timur. Taman Bungkul tadinya adalah taman biasa yang kemudian direnovasi menjadi taman yang diperuntukkan untuk kalangan bawah hingga menengah.

Tidak ada tarif khusus untuk memasuki taman ini, Anda hanya perlu untuk membayar parkir kendaraan saja. Namun, bagi Anda yang ingin mengunjungi Taman Bungkul ini, bisa juga menggunakan Suroboyo Bus.

Di Taman Bungkul ini terdapat keran air siap minum (KASM). Beberapa fasilitas juga tersedia di Taman Bungkul, di antaranya jogging track, skateboard park, arena bermain anak, air mancur, Wi-Fi, pos polisi, toilet umum, tempat parkir, tempat ibadah, dan wisata religi--terdapat makam Putri Campa, kakak dari Sunan Ampel, dan Sunan Bungkul (Ki Supo).

Selain itu, di Taman Bungkul ini terdapat aneka warung yang menjajakan kuliner khas daerah. Warung yang terkenal adalah warung yang menjual rawon dan soto bungkul.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓