Sukses

6 Potret Museum Santet Surabaya, Kental Nuansa Mistis

Museum Santet ini sebenarnya bagian dari Museum Kesehatan Dr Adhyatma Depkes RI.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan kota terbesar nomor dua di Indonesia, Surabaya. Kota Surabaya sekarang ini terkenal sebagai kota yang indah dan nyaman. Meski terkenal padat, Kota Pahlawan ini memiliki cukup banyak tempat hijau dan sejuk.

Berjalan-jalan di Kota Surabaya tak lengkap jika tak mengunjungi tempat-tempat besejarahnya. Surabaya disebut juga salah satu kota di Indonesia yang memiliki sejarah panjang setelah Jakarta (Batavia). Tak heran jika Kota Pahlawan ini memiliki banyak cagar budaya.

Tak hanya itu, kota yang dipimpin oleh Wali Kota Tri Rismaharini ini juga diketahui memiliki banyak sekali museum dan dirawat dengan baik. Salah satu museum yang cukup unik dan mencuri perhatian adalah Museum Santet atau yang dikenal juga sebagai Museum Kesehatan.

Museum Santet ini sebenarnya bagian dari Museum Kesehatan Dr Adhyatma Depkes RI. Di museum ini terdapat tiga area yaitu, kesehatan dan pendidikan, kebudayaan, serta kesehatan reproduksi dan museum luar. Penasaran bangaimana museum ini?

Berikut 6 potret Museum Santet Surabaya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Di Museum Santet ini tersimpan ratusan benda yang berhubungan dunia supranatural. Contohnya seperti Boneka jalangkung dan nini towok yang pernah digunakan mencari petunjuk mendapat obat yang dapat menyembuhkan penyakit.

3 dari 7 halaman

2. Selain itu di museum ini juga mamamerkan berbagai peralatan bedah yang digunakan pada zaman penjajahan dulu.

4 dari 7 halaman

3. Pendiri museum ini bukanlah dukun melainkan kalangan medis. Tujuan utama mendirikan museum ini untuk pembelajaran dunia ilmu kesehatan yang hidup di masyarakat.

5 dari 7 halaman

4. Benda-benda mistis tersebut dulunya memang sering digunakan saat era kolonial Belanda. Bahkan hingga kini di masih ada di sebagian daerah di Indonesia.

6 dari 7 halaman

5. Selain dua gedung yang menyimpan peralatan dan sarana pengobatan tradisional dan modern, ada satu ruangan yang tertutup rapat dan terkunci dan bertuliskan "dunia lain".

7 dari 7 halaman

6. Tak heran jika banyak masyarakat sering mengkait-kaitkan museum ini dengan hal-hal berbau mistis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.