VIDEO: Warga Desa Manuk di Ponorogo Berebut Berbagai Jenis Ikan dari Embung

VIDEO: Warga Desa Manuk di Ponorogo Berebut Berbagai Jenis Ikan dari Embung

Meski hujan sudah beberapa kali turun, namun masih banyak embung maupun sungai di Ponorogo, Jawa Timur yang airnya menyusut menjadi dangkal.

Kondisi tersebut dimanfaatkan ratusan warga berebut mencari ikan. Seperti apa serunya menangkap ikan di sungai yang dangkal ? Berikut kita simak videonya pada Fokus, 11 Desember 2019.

Beginilah keseruan warga Desa Manuk, Kecamatan Siman, Ponorogo, ketika mencari ikan di sungai sekitar embung Sedodok. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun, banyak yang turun mencari berbagai jenis ikan. Mulai dari ikan nila, patin, dan ikan gabus.

Terik sinar matahari, tidak menjadi halangan untuk menangkap ikan dengan hanya menggunakan tangan kosong. Tak jarang, setiap orang bisa mendapat ikan lebih dari 1 kilogram. Bahkan, ada warga yang mendapat ikan berukuran besar dengan bobot lebih dari 5 kilogram.

Ikan hasil tangkapan warga ini, biasanya dikonsumsi sendiri. Sementara menurut pengelola embung, kegiatan ini biasa digelar untuk mencegah pendangkalan sungai. Sehingga ketika musim penghujan tiba, sungai kembali mampu menampung air untuk pengairan sawah.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 16 December 2019, 21:30 WIB

Video Terkait

Spotlights