Sukses

5 Kota di Dunia yang Kembar dengan Surabaya

Ingin tahu kota mana saja yang sudah bekerja sama dengan Surabaya dalam kerja sama kota kembar?

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur (Jatim) kembali bekerja sama dengan kota lain. Kali ini Surabaya resmi membuka jalinan kerja sama kota kembar dengan satu kota industri dan ekspor di Turki yaitu Kota Gaziantep.

Kerja sama ini dilakukan dengan penandatanganan Naskah Pernyataan Kehendak (letter of intent) pada 11 Desember 2019. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wali Kota Gaziantep Fatma Sahin.

Fokus kerja sama dua kota ini antara lain budaya dan pariwisata, pengembangan ekonomi kreatif, dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Kerja sama dengan budaya dan pariwisata ini dapat saling tukar delegasi dan wawasan mengenai kota kreatif gastronomi, warisan sejarah dan festival budaya yang dapat mendukung pariwisata, perluas jangkauan pemasaran produk-produk dari UMKM kedua kota melalui kemitraan serta pertukaran produk umkm antara kedua negara.

Selain itu, kerja sama pengembangan kapasitas SDM dan e-commerce dilakukan melalui program dan pembinaan yang mendorong inovasi di berbagai sektor.

Sebelum kerja sama dengan Gaziantep, Surabaya juga sudah menjalin kerja sama dengan kota-kota lainnya dalam rangka kerja sama kota kembar (sister city). Kerja sama ini seiring ada kesamaan geografis, aktivitas kota yang mendorong terwujudnya kerja sama untuk saling belajar dan kerja sama di berbagai bidang. Seperti dikutip dari berbagai sumber.

Ingin tahu kota mana saja yang sudah bekerja sama dengan Surabaya dalam kerja sama kota kembar? Berikut rangkumannya, seperti dikutip dari instagram @kerjasama.surabaya, Senin (16/12/2019):

1.Kerja sama Surabaya dan Seattle, AS

Kota Seattle, Amerika  Serikat adalah kota pertama yang menjalin hubungan sister city dengan Surabaya. Kota yang terkenal sebagai pusat dagang itu telah bekerja sama dengan Surabaya sejak 1992.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Busan

2. Kerja sama Surabaya dan Busan, Korea Selatan

Pada 2019, Busan dan Surabaya merayakan 25 tahun kerja sama sister city. Kerja sama dengan kota ini antara lain administrasi, lingkungan, pendidikan dan perkotaan. Kota yang terkenal sebagai kota pelabuhan terbesar di Korea Selatan ini telah menjalin hubungan sister city dengan Surabaya sejak 1994.

3. Kerja sama Surabaya dan Izmir, Turki

Sebelum Gaziantep, Surabaya juga telah bekerja sama dengan salah satu kota di Turki yaitu Izmir. Kota ini kota ketiga yang menjalin hubungan sister city dengan Surabaya. Rakyat Turki sering menyebut kota ini sebagai beautiful Izmir.

 

3 dari 4 halaman

Monterray

4.Kerja sama Surabaya dan Kochi, Jepang

Kerja sama Surabaya dan Kochi dimulai sejak 14 Juni 1996 sejak diteken letter of intent. Kemudian direalisasikan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) pada 17 April 1997. Fokus kerja sama antara lain ekonomi dan perdagangan, industri, pariwisata, dan pendidikan.

Kochi merupakan pusat inkubasi bagi gerakan demokrasi dan hak asasi manusia (HAM) di Jepang. Kota ini memiliki sejarah dan lingkungan yang menghasilkan banyak pria hebat di Jepang seperti Sakamoto Ryoma.

5. Kerja sama Surabaya dan Monterrey, Meksiko

Kota Monterrey merupakan kota pertama di Meksiko yang menjalin kerja sama sister city dengan Surabaya sejak 2001. Bidang kerja sama antara lain promosi investasi, promosi industri, promosi kebudayaan, promosi perdagangan dan promosi pariwisata.

Monterrey adalah ibu kota negara bagian Nuevo Leon Estado di Meksiko bagian timur. Monterrey menjadi jantung dari salah satu aglomerasi perkotaan terbesar di negara itu.

4 dari 4 halaman

Konsep Kota Kembar

Kota kembar (bahasa Inggris: sister city, twin cities, sister cities) atau kota bersaudara adalah konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antarpenduduk.

Kota kembar umumnya memiliki persamaan keadaan demografi dan masalah-masalah yang dihadapi. Konsep kota kembar bisa diumpamakan sebagai sahabat pena antara dua kota yang berbeda.

Selain itu, hubungan antara kota kembar satu dengan lainnya sangat bermanfaat khususnya untuk program pertukaran pelajar, kerja sama di bidang budaya, perdagangan dan lain sebagainya.

Sedangkan di negara-negara Eropa, kota kembar biasanya dikenal dengan sebutan twin towns atau friendship towns. Sementara di Jerman dikenal dengan istilah partner towns (Partnerstädte).

Istilah sister cities lebih dikenal luas di negara-negara Asia, Australia dan Amerika Utara, sedangkan di negara-negara CIS dikenal dengan sebutan "kota bersaudara" (brother cities), dilansir dari berbagai sumber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.