VIDEO: Puting Beliung Dahsyat Landa 4 Kecamatan di Magetan

Oleh Agustina Melani pada 14 Des 2019, 22:00 WIB
Diperbarui 14 Des 2019, 22:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Dahsyatnya hembusan angin yang menerjang wilayah Magetan, Jawa Timur, Rabu sore membuat ratusan rumah, sekolah dasar, dan sejumlah fasilitas umum di empat kecamatan rusak. Hingga Kamis pagi, kondisi bangunan di sejumlah wilayah di Kabupaten Magetan, masih porak-poranda.

Hingga Kamis pagi, kondisi SD Sambirembe, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan masih porak-poranda. Dua rumah dinas guru yang sudah tidak terpakai, roboh. Melihat sekolahnya rusak, sejumlah siswa yang datang, hanya bisa terdiam di depan bangunan sekolah yang roboh.

Kondisi serupa juga terjadi di seputaran Jalan Yoso Negoro. Sejumlah rumah, warung, bahkan fasilitas umum, rusak parah. Bahkan, Gedung Olah Raga (GOR) Ki Mageti atapnya berhamburan terbawa angin. Sejumlah warga, berusaha memunguti perabot yang masih bisa digunakan.

Sebelumnya, Rabu sore angin kencang disertai hujan deras, melanda kawasan Kota Magetan. Dalam video amatir yang direkam warga di dekat GOR Ki Mageti, memperlihatkan dahsyatnya terjangan angin. Akibatnya ratusan rumah di empat kecamatan rusak. Sebuah mobil juga tertimpa pohon tumbang.

Hingga Kamis pagi, sejumlah anggota TNI, Polri, BPBD dan relawan lainnya diterjunkan ke lokasi bencana yang tersebar di empat kecamatan, yaitu di Kecamatan Magetan, Ngariboyo, Plaosan dan Kecamatan Barat. Dinas terkait masih mendata total kerugian dan kerusakan yang diakibatkan angin puting beliung tersebut. Demikian seperti diberitakan program Fokus, 13 Desember 2019.