Sontoh Laut, Tempat Menikmati Matahari Terbit dan Tenggelam di Surabaya

Oleh Liputan Enam pada 13 Des 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 13 Des 2019, 10:58 WIB
Hutan Mangrove

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai Ibu Kota Jawa Timur, Surabaya memiliki sejumlah tempat wisata. Dari daratan hingga lautan, seolah tak ada habisnya kota ini menyajikan pesonanya.

Bermacam-macam tempat wisata yang ada di Surabaya membuat setiap orang yang memijakkan kakinya di sini merasa seperti di rumah.Selain itu, Surabaya juga mempunyai tempat wisata bahari, yaitu tempat wisata untuk melihat matahari terbenam.

Kali ini, tempat wisata yang menarik perhatian adalah wisata bahaari Tambat Labuh Sontoh Laut. Wisata bahari satu ini mempunyai daya tarik untuk memikat setiap pengunjungnya untuk datang lagi. Wisata bahari Tambat Labuh Sontoh Laut ini terletak di Kampung Nelayan Greges, Kelurahan Tambak Sari Oso, Kecamatan Asemrowo, Surabaya, Jawa Timur.

Tambah Labuh Sontoh Laut ini mempunyai beberapa wisata andalan, tetapi yang paling terkenal adalah pemandangan alam untuk melihat matahari terbit dan terbenamnya. Di Tambah Labuh Sontoh Laut ini juga menyuguhkan pemandangan mangrove yang ada di sepanjang pinggir pantai utara Surabaya.

Sangat pas jika Anda mengunjungi tempat ini sekadar untuk menikmati matahari terbit di pagi hari, dan matahari tenggelam di sore hari bersama segelas kopi yang menemani.

Melansir dari instagram @surabaya, di Tambat Labuh Sontoh Laut ini juga menyediakan wisata air. Mulai dari perahu, wisata sepeda air (Segair), dan Ski Lot. Ski Lot sendiri adalah papan luncur yang biasa digunakan untuk mencari kerang dan rajungan oleh nelayan.

Rencananya, di tengah laut Tambat Labuh Sontoh Laut ini akan dibangun gazebo untuk menarik pengunjung.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

2 of 3

Ayo Wisata ke Kampung Nelayan Kenjeran Surabaya

Wisata Bahari Surabaya
Pantai Kenjeran / Sumber: iStockphoto

Sebelumnya, selain memiliki taman-taman dan hutan kota yang bikin segar mata, Kota Pahlawan juga memiliki wisata bahari yang dapat jadi pilihan untuk dikunjungi ketika berada di Surabaya, Jawa Timur. Salah satunya adalah Pantai Kenjeran.

Pantai ini terbagi menjadi Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru, Surabaya. Untuk Pantai Kenjeran Lama itu sendiri, kegiatan yang bisa dilakukan lebih mengarah kepada kegiatan wisata konvensional.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan alami dengan ombak yang tidak terlalu besar. Oleh karena itu rekreasi yang biasa dilakukan oleh pengunjung adalah berlayar dengan menyewa perahu dan berenang. Perahu tersebut akan berkeliling selama kurang lebih satu jam perjalanan.

Pengunjung juga bisa berwisata kuliner di pantai Kenjeran Lama ini. Selain itu, di wilayah ini dapat melihat pemandangan Jembatan Suramadu, jembatan ini terlihat lebih indah ketika malam hari.

Wisata Pantai Kenjeran Baru disebut juga sebagai Kenpark atau Pantai Ria Kenjeran. Pembangunan wisata baru di Surabaya ini dibangun karena kawasan wisata Kenjeran Lama semakin sepi pengunjung. Setelah dibangun Kenpark ini, kawasan wisata tersebut kembali ramai.

Berbeda dengan Pantai Kenjeran Lama, Pantai Kenjeran Baru memiliki konsep lebih modern. Daya tarik utama dari Pantai Kenjeran Baru adalah Klenteng Sanggar Agung, Pagoda Tian Ti, dan waterpark.

Pemandangan yang menjadi titik sentral dari Pantai Kenjeran Baru, Surabaya adalah Jembatan Kenjeran. Objek wisata ini adalah jenis objek wisata air mancur menari atau dancing water.

Untuk memasuki kawasan Wisata Pantai Kenjeran Baru, pengunjung akan dikenakan tiket masuk Rp 15.000 per orang, dengan biaya parkir kendaraan mulai dari Rp 8.000 per kendaraan. Anda bisa berkunjung mulai dari pagi pukul 06.00 sampai jam 17.00 sore. Bagaimana Anda tertarik untuk kunjungi Pantai Kenjeran yang terletak sekitar 9 kilometer (km) dari pusat kota ini ?

 

(Tito Gildas, Mahasiswa Universitas Indonesia)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by