VIDEO: Kesalahan Teknis Proses Produksi Bikin Pabrik Es Batu Meledak

Oleh Agustina Melani pada 12 Des 2019, 21:23 WIB
Diperbarui 12 Des 2019, 21:24 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah mesin dari pabrik pembuatan es batu di Desa Plosogeneng, Kecamatan Jombang, Jawa Timur meledak. Akibatnya, satu gudang yang digunakan untuk pembuatan mesin es hancur. Diduga ledakan terjadi akibat mesin tak kuat menahan tekanan udara saat proses pembuatan es batu.

Sebuah mesin milik pabrik pembuatan es batu yang berada di Desa Plosogeneng, Kecamatan Jombang, Jawa Timur, meledak pada Senin sore.

Akibat ledakan yang cukup keras, satu gudang yang dibuat menyimpan mesin hancur. Bahkan tutup mesin terlempar hingga satu kilometer, dari lokasi kejadian. Berikut seperti diberitakan Fokus, 11 Desember 2019.

Tak hanya itu, atap pabrik ikut jebol akibat adanya ledakan kuat yang berasal dari mesin pembuatan es batu. Sejumlah warga yang kaget, langsung berhamburan keluar rumah, karena khawatir ledakan bom. Polisi yang mendapatkan laporan langsung mendatangi lokasi kejadian. Menurut salah satu warga, suara ledakan terdengar cukup kuat, membuat warga yang berada di dalam rumah takut, lari keluar menyelamatkan diri.

Menurut pemilik pabrik, ledakan terjadi saat mesin digunakan untuk memproses air menjadi es batu. Namun, saat es akan jadi, mesin langsung meledak, hingga keluar gudang. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Meski tak ada korban jiwa, polisi yang berada di lokasi langsung mengamankan sejumlah barang bukti sisa ledakan untuk mengetahui pasti penyebab ledakan.