VIDEO: Festival Kuwung, Pelangi Ragam Seni dari Banyuwangi

VIDEO: Festival Kuwung, Pelangi Ragam Seni dari Banyuwangi

Pagelaran seni, dan budaya asal Banyuwangi, Jawa Timur ditampilkan secara apik dalam Festival Kuwung atau Pelangi Budaya di depan Kantor Pemkab Banyuwangi, Sabtu malam.

Mengambil tema Gemelare Bumi Blambangan, beragam seni budaya yang tumbuh di seluruh pelosok Banyuwangi ditampilkan oleh ratusan penari, dan penabuh dengan sangat semarak. Selain itu juga ditampilkan kesenian dan budaya dari daerah lain. Mari kita simak video liputannya pada Fokus, 9 Desember 2019.

Diawali dengan ditabuhnya rebana kuntulan oleh Bupati Abdullah Azwar Anas, Festival Kuwung kembali digelar di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu malam. Festival Kuwung merupakan etalase seni dan budaya masyarakat Banyuwangi yang beragam.

Sesuai dengan namanya yakni kuwung yang berarti pelangi, beragam seni budaya yang tumbuh di seluruh pelosok Banyuwangi ditampilkan dengan apik oleh ratusan penari, dan penabuh yang didominasi dari kalangan remaja. Pada 2019, Festival Kuwung mengusung tema Gemelare Bumi Blambangan, yang bermakna keragaman segala potensi yang ada di Banyuwangi.

Berbagai kesenian asli Banyuwangi ditampilkan seperti tarian gandrung, barong using, kesenian jaranan buto, Janger Banyuwangi, hingga kuntulan. Selain itu juga dipentaskan seni daerah lain seperti tarian dari Kabupaten Jembrana, Bali.

Dalam tarian ini manusia diingatkan untuk selalu ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak menebang pohon sembarangan. Tak ketinggalan, tarian hudoq dari Kalimantan Timur sebagai ungkapan syukur atas hasil panen yang melimpah. Selanjutnya ada kesenian dari Kediri dan Probolinggo juga ditampilkan untuk meramaikan Festival Kuwung 2019.

Gelaran Festival Kuwung yang merupakan rangkaian acara menyambut hari jadi Banyuwangi pada 18 Desember ini merupakan salah satu agenda Banyuwangi Festival. Tak hanya dihadiri oleh penonton luar kota, Festival Kuwung juga banyak dihadiri penonton dari mancanegara pada 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 10 December 2019, 13:45 WIB

Video Terkait

Spotlights