VIDEO: Khawatir Serang Warga, Petugas Bakar Sarang Tawon Ndas

Oleh Agustina Melani pada 08 Des 2019, 16:03 WIB
Diperbarui 08 Des 2019, 16:03 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Khawatir menyerang warga, sarang lebah vespa affinis, atau tawon ndas yang berada di tempat pemakaman umum di kawasan Jalan Karangrejo, Wonokromo, Surabaya, Rabu siang dibakar oleh petugas Pemadam Kebakaran.

Sementara itu, di Tuban sarang lebah yang berada di atap rumah salah satu warga juga dimusnahkan oleh petugas BPBD setempat. Petugas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya menyelamatkan terhadap sarang lebah vespa affinis yang berada di pohon Tempat Pemakaman Umum Islam, Karangrejo Kecamatan Wonokromo Surabaya.

Keberadaan sarang lebah vespa atau tawon ndas di pemakaman ini dianggap meresahkan warga, selain karena mengganggu warga yang sedang berziarah, pemberitaan tentang dampak sengatan lebah vespa  yang dapat menimbulkan korban jiwa, menjadi kekhawatiran tersendiri.

Namun, saat petugas mencoba menyemprotkan obat anti serangga tak juga bisa membuat lebah ini pergi, petugas terpaksa membakar sarang lebah.

Saat proses penyelamatan, petugas sempat mengalami kesulitan, hingga dua orang petugas PMK menjadi korban sengatan lebah vespa, karena sengatan lebah vespa bisa menembus pakaian pengaman petugas.

Selain di Surabaya, pemusnahan sarang lebah yang berada di salah satu atap rumah warga di Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Tuban. Juga dimusnahkan oleh petugas BPBD, dibantu petugas PMK. Pemusnahan sarang lebah ini, terpaksa dilakuan karena keberadaannya sudah meresahkan masyarakat. Petugas sempat kesulitan membasmi sarang lebah menggunakan api, karena posisi sarang lebah berada di dekat kabel PLN.

Petugas BPBD dan PMK terkait, terus mencari keberadaan sarang lebah vespa affinis. Selain laporan dari masyarakat, sebab tawon ndas atau lebah vespa affinis ini tergolong ganas jika menyerang warga. Demikian diberitakan Fokus, 6 Desember 2019.