VIDEO: Seorang Jambret Handphone di Pasuruan Babak Belur Dihajar Massa

Oleh Agustina Melani pada 09 Des 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 14 Des 2019, 12:20 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Seorang dari tiga pelaku jambret yang beraksi di wilayah Pasuruan, Jawa Timur, berhasil ditangkap dan dihakimi warga hingga babak belur. Sementara dua lainnya melarikan diri. Hanya butuh beberapa jam, Tim Resmob Polres setempat yang melakukan pengejaran berhasil meringkus keduanya.

Seorang pelaku jambret berinisial DS terekam video amatir warga, saat dipukuli warga yang geram karena aksinya di Jalan Veteran, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. Nyawa  pelaku bisa selamat, setelah polisi datang ke lokasi dan mengevakuasinya ke Mapolres Pasuruan Kota.

Sebelumnya, pelaku menjambret telepon pintar milik seorang wanita yang sedang parkir di tepi jalan sekitar lokasi. Saat itu korban yang berkendara motor, bermaksud berhenti untuk telepon, tiba-tiba dari arah belakang muncul tiga pemuda berboncengan satu motor, menghampiri korban.

Pelaku DS turun dari motor dan langsung merampas handphone korban. Dengan spontan, korban bernama Risma, warga Sukorejo, Kabupaten Pasuruan berteriak maling hingga mengundang kehadiran warga yang kemudian mengejar pelaku. Seorang pelaku ditangkap dan dipukuli warga, sedangkan dua lainnya lolos dari kejaran warga.

Namun, tak butuh waktu lama, kedua pelaku berhasil diringkus Tim Resmob Polres Pasuruan di rumahnya masing-masing, yakni AY dan SA warga Jalan MT. Hariyono, Kota Pasuruan. Dari hasil penyidikan sementara, ketiga pelaku sudah beraksi di tujuh TKP berbeda di wilayah Kota Pasuruan. Berikut diberitakan pada Liputan6, 6 Desember 2019.

Sejumlah barang bukti di antaranya sebuah handphone, dan kunci serta motor milik pelaku, diamankan polisi. Untuk sementara waktu, pelaku mendekam di sel tahanan Mapolres Pasuruan Kota, untuk proses penyidikan lebih lanjut.