Sukses

9 Wisata Belanja di Kota Malang, Tawarkan Produk Murah Meriah

Banyak tempat belanja murah di Malang.

Liputan6.com, Jakarta Malang selalu menjadi destinasi wisata yang tak ada habisnya untuk dijelajahi. Mulai dari keindahan alam, perkotaan, sejarah, dan budaya, semua jadi daya tarik dari kota satu ini. Malang memang jadi destinasi wisata faovrit di Jawa Timur.

Mengunjung sebuah tempat wisata tak lengkap jika tidak berbelanja. Malang memiliki berbagai wisata belanja yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Ada berbagai pasar tradisional yang bisa jadi tujuan wisata belanja di kota ini.

Pasar-pasar ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Kamu bisa menemukan berbagai macam kebutuhan di pasar-pasar ini. Pasar ini ada yang buka sampai malam atau hanya buka pada pagi hari. Berikut 9 wisata belanja yang ada di Kota Malang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (7/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pasar Besar, Oro-Oro Dowo dan Bunulrejo

Pasar Besar

Sesuai namanya, pasar ini merupakan pasar terbesar di Kota Malang. Pasar ini menjadi pusat grosir kebutuhan primer di Kota Malang. Pasar ini dulunya disebut pasar pecinan karena lokasinya berada dekat dengan kawasan pecinan. Kini Pasar Besar terus dikembangkan untuk meningkatkan laju ekonomi Kota Malang. Pasar ini ditata dalam kombinasi antara pasar tradisional dan modern. Pasar ini berada di Jalan Pasar Besar, Klojen, Sukoharjo, Kota Malang.

Di lanai 1 dan dua pasar diisi sebagai pasar tradisional yang menjual sayur mayur, buah, dan kebutuhan pokok. Terdapat pula penjual baju, tas, elektronik, dan perabot rumah. Di lantai 3 dan 4 terdapat departement store, tempat bermain anak, dan tempat makan.

Pasar Oro-Oro Dowo

Pasar Oro-Oro Dowo atau Pasar Rakyat Oro-Oro Dowo merupakan salah satu pasar tradisional tertua yang ada di Kota Malang. Pasar ini dibangun pada zaman kolonial Belanda tahun 1932. Pasar ini juga mempertahankan bangunan tua peninggalan Belanda yang menghadap ke utara. Pasar ini menawarkan sembako, sayuran, buah, perabotan rumah tangga, oleh-oleh, dan beragam produk dengan harga terjangkau.

Pasar Bunulrejo

Pasar Bunulrejo berada di Jl. Hamid Rusdi, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang. Pasar ini dikembangkan dengan konsep pasar wisata. Pasar ini baru saja direnovasi dan direvitalisasi. Beragam barang dapat ditemukan di pasar ini seperti sembako, sayur, buah, dan pastinya oleh-oleh khas Malang. Terdapat pula pernak pernik souvenir khas Malang yang bisa ditemui di Pasar ini.

3 dari 5 halaman

Pasar Minggu dan Industri Tempe Sanan

Pasar Minggu

Serupa dengan namanya, pasar ini hanya buka pada hari Minggu. Pasar ini berada di sepanjang Jalan Raya Semeru, sebelah utara Stadion Gajayana. Pasar yang buka mulai pukul 6 pagi hingga 11 siang ini menjadi destinasi favorit warga yang ingin berakhir pekan. Di sini terdapat berbagai stan berisi kuliner, oleh-oleh, hingga pernak pernik dengan harga terjangkau.

Industri Tempe Sanan

Sentra Industri Tempe di kampung Sanan, Malang Jawa Timur menjadi sebagai salah satu pusat oleh –oleh khas Malang, Jawa Timur. Kawasan ini memproduksi tempe yang juga nantinya diolah menjadi olahan seperti keripik. Sentra Industri Tempe Sanan Malang memang jadi salah satu denyut perekonomian di Kota Malang. Di sini kamu bisa membeli oleh-oleh berupa olahan tempe dari produsennya langsung, pastinya dengan harga yang lebih murah.

4 dari 5 halaman

Sentra Keramik Dinoyo dan Pasar Buku Wilis

Sentra Keramik Dinoyo

Tak cuma makanan, Malang juga menawarkan wisata belanja souvenir khas. Di Sentra Keramik Dinoyo kamu bisa menemukan berbagai kerajinan keramik dengan ragam bentuk. Di sepanjang jalan di kampung ini, terdapat sederetan toko yang menjajakan berbagai jenis keramik lucu. Berbagai jenis keramik yang dijajakan meliputi mug, vas, cangkir mini, teko lucu, serta berbagai jenis hiasan dan souvenir. Di sini kamu juga bisa mengetahui cara pembuatan kerajinan keramik.

Pasar Buku Wilis

Pasar Buku Wilis merupakan tempat di mana kamu bisa mencari beragam jenis buka dalam keadaan bekas maupun baru. Di sini berjajar kios buku yang buka dari pagi hingga sore hari. Pasar Buku Wilis menjadi jujukan para kolektor buku bahkan dari luar kota Malang.

5 dari 5 halaman

Pasar Splendid dan Pasar Roma

Pasar Roma

Pasar Roma merupakan singkatan dari Rombengan Malam. Pasar ini merupakan pasar dadakan yang buka dari pukul 7 malam hingga dini hari. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam barang seperti baju, sepatu, celana, jam, tas, dan masih banyak lagi. Pedangan mengisi totroar sepanjang jalan Jl. KH Ahmad Dahlan, Jodipan, Kec. Klojen, Kota Malang. Pasar ini juga dikenal sebagai pasar maling karena beberapa barang yang dijual di pasar ini adalah hasil curian.

Pasar Splendid

Pasar splendid dikenal sebagai pasar hewan yang ada di Kota Malang. Terdapat beragam hewan mulai dari burung, ikan, hingga kucing di pasar ini. Pasar ini merupakan pasar tematik khas Malang. Selain hewan ada juga sentra tanaman hias di dalamnya. Pasar Splendid juga sangat dekat dari pusat Kota Malang, tak jauh dari Alun-Alun Tugu Malang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.