VIDEO: Kemenag Sidoarjo Akui Ada Soal Ujian Madrasah Aliyah Bertema Khilafah

Oleh Agustina Melani pada 07 Des 2019, 22:30 WIB
Diperbarui 07 Des 2019, 22:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Polemik kasus soal ujian sekolah yang mengangkat tema khilafah juga terjadi di Madrasah Aliyah di Sidoarjo, Jawa Timur. Pihak Kemenag mengakui soal tersebut memang ada, karena soal tersebut dibuat sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini. Sehingga pihak Kemenag menegaskan tidak akan melakukan penarikan soal.

Soal ujian semester akhir terkait khilafah juga terjadi di Sidoarjo, sebanyak sekitar 15 Madrasah Aliyah di Sidoarjo, menggunakan soal yang bertemakan khilafah. Dari soal yang disajikan, terdapat sekitar 12 soal yang berisikan tentang pemahaman terkait materi khilafah, khalifah, serta jihad.

Pihak Kemenag Sidoarjo, mengakui soal tersebut memang ada, dan sebagai bahan ujian di sejumlah Madrasah Aliyah di Sidoarjo. Hal itu sesuai dengan kurikulum yang ada, karena di kelas siswa juga diajari pemahaman terkait khilafah. Sehingga saat ujian ada soal yang berisikan tentang hal tersebut. Pihaknya juga memastikan tidak akan melakukan penarikan soal, karena soal tersebut sudah sesuai kurikulum yang ada.

“Mungkin MGMP guru-guru Aliyah membahas soal ini karena berdasarkan KMA yang lalu, tetapi munculnya baru sekarang, karena ini bahasan tahun yang lalu,” kata Ach. Rofi’i Kepala Kemenag Sidoarjo.

Meski demikian, Kemenag Sidoarjo memastikan tahun depan sudah tidak ada materi dan soal terkait khilafah, karena adanya aturan kurikulum Madrasah Aliyah yang baru akan diberlakukan pada tahun ajaran 2020. Demikian diberitakan pada Liputan6, Jumat, 6 Desember 2019.