Aksi Heroik Tiga Polisi Bantu Persalinan Dua Wanita Warga Jawa Timur

Oleh Dian Kurniawan pada 07 Des 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 09 Des 2019, 08:13 WIB
Ibu baru melahirkan (iStockphoto)

Liputan6.com, Surabaya - Aksi heroik dilakukan oleh tiga anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang membantu proses persalinan dua wanita warga Jawa Timur (Jatim). Mereka adalah Kanit Bimas Polsek Gondang Bojonegoro, IPDA BJ Handoko, Aiptu Sugiono dan Aiptu Imam.

Baru-baru ini, Kanit Bimas Polsek Gondang Bojonegoro, IPDA BJ Handoko membantu persalinan Astri Sulistyoningsih (32) warga RT 28 RW 07 Desa Gondang Bojonegoro, yang melahirkan di Jalan PUK kawasan hutan RPH Sugihan Blok Nglamur Turut dan Betek Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim). 

"Iya betul, kejadiannya sekitar pukul setengah delapan pagi tadi," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Jumat, 6 Desember 2019.

Barung menceritakan, korban awalnya dibonceng oleh suaminya, Yuliono dengan sepeda motor dari rumahnya untuk periksa ke bidan di Desa Dodol kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro. 

"Sesampainya di bidan di anjurkan untuk di bawa ke Puskesmas Gondang karena kandungannya sudah hamil tua," kata dia.

Selanjutnya korban bersama suami menuju ke puskesmas, tapi dalam perjalanan tersebut korban sudah tidak kuat dan sang suami menghentikan laju kendaraannya di pinggir jalan PUK. 

"Dan kebetulan dari belakang IPDA BJ Handoko  lewat dan mengetahui kejadian tersebut dan segera membantu menolong korban," ucap Barung. 

IPDA BJ Handoko kemudian menghubungi Puskesmas Gondang, Jawa Timur dan di tempat kejadian, korban sudah melahirkan seorang anak berjenis kelamin laki - laki dengan selamat.

"Beberapa menit kemudian, datang petugas bidan Puskesmas Gondang untuk memberik  perawatan. Sang bayi langsung dirujuk ke RSU Bojonegoro karena lahir prematur sedangkan ibunya masih dirawat di puskesmas Gondang," ujar Barung. 

2 of 3

Aksi Polisi di Kediri Bantu Ibu Melahirkan

Kelahiran Bayi
Ilustrasi Foto kelahiran Bayi (iStockphoto)

Sebelumnya aksi heroik membantu proses persalinan juga pernah dilakukan oleh Aiptu Sugiono dan Aiptu Imam. Mereka membantu persalinan Sriani. Perempuan berusia 37 tahun itu akhirnya melahirkan seorang bayi berjenis kelamin perempuan dengan kondisi selamat dan sehat di dalam mobil patroli Polsek Papar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Kapolres Kabupaten Kediri AKBP Akhmad Yusep Gunawan menuturkan, petugas SPKT Polsek Papar, Aiptu Sugiono dan Aiptu Imam yang saat itu sedang melaksanakan pengamanan giat masyarakat berupa pagelaran wayang kulit di Desa Keputih telah dihubungi Kapolres Papar AKP Kamsudi. Kedua polisi ini diminta menolong serta mengantarkan Sriani yang sedang merintih kesakitan ke Bidan Kepuh.

"Kejadian tersebut terjadi pada hari ini sekitar pukul 01.00 WIB. Saat itu Kapolsek bertemu dengan ibu Sriani beserta suaminya Sumaji yang hendak memeriksakan kandungannya di Bidan Kepuh," ucap Kapolres Kediri saat berbincang dengan Liputan6.com melalui sambungan telepon seluler, Rabu 2 November 2016.

Kapolres mengatakan, karena belum bisa ketemu dengan bidan yang dimaksud, kedua anggota patroli tersebut diperintahkan mengantarkan Sriani ke Bidan Lena yang berada di Desa Ngampel, Kecamatan Papar.

"Dalam perjalanan, tepatnya di depan Balai Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Ibu Sriani telah melahirkan seorang bayi berjenis kelamin perempuan di dalam mobil patroli 811 Polsek Papar dalam kondisi sehat," ujar Akhmad.

Selanjutnya, kedua orangtua beserta bayi perempuannya itu tetap diantarkan menuju tempat Bidan Lena untuk pemeriksaan dan perawatan. 

"Bayinya Ibu Sriani memiliki berat badan 2,5 kilogram dan panjang 47 centimeter. Saat ini Ibu Sriani beserta suami dan bayinya sudah berada di rumahnya," kata Kapolres Kediri.

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓