6 Tempat Wisata dengan Spot Instagramable di Gresik

Oleh Liputan Enam pada 07 Des 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 09 Des 2019, 00:13 WIB
(Foto: Dok Disparbud Gresik)

Liputan6.com, Jakarta - Gresik, Jawa Timur dikenal dengan bukit-bukit kapur yang indah dan juga sebagai kota santri. Industri di Gresik pun banyak, seperti industri semen dan petrokimia.

Namun, siapa sangka jika kabupaten yang berbatasan dengan Surabaya ini memiliki banyak tempat wisata yang jarang diketahui orang?

Tak kalah dari daerah lainnya, banyak tempat wisata di Gresik yang indah dan percantik timeline akun media sosial Anda. Dari mulai wisata batu kapur, pulau, pantai, dan hutan mangrove yang masih alami membuat Gresik mempunyai daya tarik tersendiri karena rata-rata tempatnya ada di alam.

Selain itu, tempat wisata yang baik dan terawat juga membuat pengunjung betah berlama-lama di Gresik. Ditambah, tempat wisata di Gresik sangat hits dan instagramable. Ingin tahu di mana saja tempat wisata di Gresik yang instagramable? Simak ulasannya yang dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (7/12/2019):

1. Wagos (Wisata Alam dan Edukasi Gosari)

Pertama, wisata alam dan edukasi Gosari. Wisata lam ini sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat karena sangat unik dan menarik perhatian sehingga tempat ini banyak dikunjungi orang.

Wagos terletak sekitar 40 KM dari pusat kota Gresik, tepatnya di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tempat ini juga terdapat bukit kapur seperti ciri khas Gresik.

Wagos mempunyai spot untuk berswafoto yang sangat instagramable. Ada bangunan yang  menyerupai rumah kayu lengkap dengan jendela bulat yang menjadi spot unik sebagai background foto.

Selain itu, ada juga taman kincir, yaitu taman yang dipasang banyak kincir berwarna-warni di gunung kapur. Taman kincir ini sangat digemari karena perpaduan warna dari gunung kapur dan kincir yang berwarna-warni sangat kontras dan sangat cocok mengisi feeds instagram Anda.

2 of 5

2.Banyu Urip Mangrove Center (BMC)

Jarang Diketahui, Ini 5 Spot Wisata Menarik di Pulau Bawean
Jarang Diketahui, Ini 5 Spot Wisata Menarik di Pulau Bawean (sumber:Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik)

2. Banyu Urip Mangrove Center (BMC)

Banyu Urip Mangrove Center menawarkan keidahan pesisir pantai dan jembatan yang disapa oleh tanaman mangrove yang memesona. Banyu Urip Mangrove Center terletak di Dusun Banyu Legi, Desa Banyu Urip, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik, Jawa Timur. Biasanya, wisatawan akan berswafoto di jembatan kayu berwarna coklat yang senada dengan tanaman mangrove yang menambah kesan vintage.

3. Pantai Dalegan

Kali ini, Gresik mempunyai pantai berpasir putih yang tak kalah cantik dari daerah-daerah lainnya, yaitu Pantai Dalegan. Pantai ini terletak di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Pantai ini berjarak 40 km dari Gresik kota.

Pantai ini cocok untuk berenang dan bermain pasir. Selain itu, pantai ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berfoto. Hamparan pasir putih dan air pantai yang biru membuat fotomu lebih instagramable.

3 of 5

4. Bukit Kapur Sekapuk

Bukit Kapur Sekapuk, Tempat Instagenic yang Tengah Tren di Gresik
Bukit Kapur Sekapuk, Tempat Instagenic yang Tengah Tren di Gresik

4. Bukit Kapur Sekapuk

Gresik mempunyai bukit kapur yang menyerupai banguan pada peradaban Yunani, Lho. Tepatnya di Bukit Kapur Sekapuk, Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik, Jawa Timur.

Bukit Kapur Sekapuk ini mempunyai sudut-sudut yang sangat instagramable. Ada rumah-rumah kecil dari kayu dan jerami, patung-patung besar, dan cerukan-cerukan yang menyerupai danau-danau kecil yang kontras warna air dan bukit kapurnya.

5. Bendung Gerak Sembayat

Bendung Gerak Sembayat adalah bendungan yang berada di Gresik. Bendung Gerak Sembayat ini berfungsi untuk mengairi irigasi alami dan juga sebagai kebutuhan baku di PDAM Kabupaten Gresik.

Bendungan ini mempunyai tujuh pintu air. Bendung Gerak Sembayat ini sering dijadikan spot foto oleh masyarakat setempat karena bangunan yang unik. Serta warna air dan mesin di bendungan ini sangat kontras dan cocok dijadikan latar belakang untuk berfoto. Bendung Gerak Sembayat ini berada di Jalan Sidomukti-Masangan, Bungah, area Sawah/Kebun, Sidomukti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

4 of 5

6. Pulau Bawean

Jarang Diketahui, Ini 5 Spot Wisata Menarik di Pulau Bawean
Jarang Diketahui, Ini 5 Spot Wisata Menarik di Pulau Bawean (sumber:Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik)

6.Pulau Bawean

Kemudian Pulau Bawean. Pulau ini terletak di Jawa Timur. Di pulau ini terdapat banyak tempat wisata. Yaitu Pantai Gili, Pantai Pulau Cina, Air Terjun Laccar, penangkaran rusa, dan Danau Katsoba.

Pantai yang ada di Pulau Bawean ini rata-rata berpasir putih, dan menjadi destinasi favorit di Pulau Bawean. Karena banyaknya tempat di Pulau Bawean, maka pengunjung bisa leluasa memilih akan berkunjung ke mana. Lalu, Anda akan memiliki stok foto yang banyak dengan latar belakang berbeda.

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓