VIDEO: Petugas Damkar dan Satpol PP Amankan Sarang Tawon Vespa

Oleh Agustina Melani pada 06 Des 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 06 Des 2019, 15:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Teror serangan lebah vespa atau tawon ndas masih menghantui warga, Petugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Mojokerto, Rabu pagi, mengevakuasi sarang tawon vespa dari atas pohon asam yang tumbuh di pekarangan warga.

Satu orang petugas Satpol PP terluka di kepalanya, akibat tersengat tawon vespa. Sementara di Surabaya petugas Damkar juga mengevakuasi sarang tawon yang sudah 4 tahun berada di plafon markas Koramil. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 5 Desember 2019.

Petugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Rabu pagi mengevakuasi sarang tawon vespa atau tawon ndas dari pohon asam yang berada di pekarangan salah satu warga di Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

Petugas pun sempat kesulitan untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut. Karena selain terbatasnya alat, petugas kuatir jika menyeprotkan cairan insektisida, kawanan tawon vespa akan keluar sarang dan menyerang mereka.

Karena tak memakai perlengkapan keamanan, seorang Satpol PP terluka akibat tersengat di bagian kepalanya saat ikut mengevakuasi sarang tawon dari atas pohon asam.

Sementara di Surabaya, petugas Damkar juga mengevakuasi sarang tawon yang berada di atas plafon Koramil Tambaksari Surabaya dengan menggunakan pakaian pelindung. Petugas PMK evakuasi sarang tawon madu yang sudah 4 tahun berada di atas plafon Koramil Tambaksari.

Posisi dan ukuran sarang tawon ndas yang cukup besar yakni berukuran 40 cm, sempat menyulitkan petugas untuk mengevakuasinya. Petugas sempat menyemprotkan cairan pembasmi serangga, guna menghindari serangan tawon.