VIDEO: Fenomena Tanah Bergerak di Area Persawahan Hebohkan Warga Jombang

Oleh Agustina Melani pada 05 Des 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 05 Des 2019, 20:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Warga di Desa Banjardowo, Jombang, Jawa Timur, dihebohkan dengan fenomena likuifaksi atau berubahnya kekuatan struktur tanah, setelah dua hari diguyur hujan.

Tanah sawah ini tiba-tiba menjadi amblas ketika dipijak atau terdapat beban di atasnya. Seorang warga sempat terjebak amblasnya tanah.

Sejumlah warga di Jombang, Jawa Timur dihebohkan fenomena berubahnya struktur kekuatan tanah di sebuah lahan pertanian. Fenomena ini, mengundang rasa penasaran warga yang kemudian datang dan melihat langsung ke lokasi.

Saat di diinjak, tanah pertanian yang berada di Dusun Gedang Keret, Desa Banjardowo, Jombang ini bergoyang-goyang. Situasi ini terjadi di lahan seluas 1 hektar.

Menurut warga, fenomena ini sudah cukup lama berlangsung, diketahui sebelum jadi sawah. Lokasi tersebut merupakan rawa–rawa seluas belasan hektar yang memiliki kedalaman sekitar 15 meter.

"Jadi kebiasaan masyarakat daerah ini kalau mau menanam padi menggunakan pohon pisang yang ditidurkan, yang menanam itu sambil tidur dan itu lebih aman dibandingkan dengan posisi berdiri," kata Nalutomo, warga sekitar di Jombang.

Meski berpotensi membahayakan manusia jika beraktivitas di sekitar lahan yang ambles itu, hingga kini belum ada larangan petugas terkait mengenai fenomena tanah bergerak. Demikian diberitakan Liputan6, 4 Desember 2019.