VIDEO: Para Lansia di Kediri Ikuti Fashion Show Pakaian Adat Jawa

Oleh Agustina Melani pada 03 Des 2019, 23:47 WIB
Diperbarui 04 Des 2019, 06:46 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Fashion show yang pesertanya anak-anak atau kaum remaja, bukan hal yang aneh. Namun apa jadinya jika peserta fashion show semuanya adalah para lansia. Di Kabupaten Kediri Jawa Timur, digelar fashion show yang pesertanya harus berusia di atas 50 tahun.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggugah semangat lansia untuk menjalani hidup sehat. Layaknya para model, para lansia ini berusaha keras untuk berjalan melenggak-lenggok mencuri perhatian para juri dan penonton. Meski usia sudah uzur, mereka tetap berkeinginan untuk menampilkan yang terbaik.

Berikut tayangannya pada Liputan6, 2 Desember 2019. Dengan riasan wajah dan rambut bak peragawati profesional, puluhan manula ini berlenggak-lenggok laiknya peragawati muda profesional. Dengan bergantian, nenek-nenek ini beradu gemulai langkah menyusuri catwalk, memperagakan busana kebaya, dan pakaian adat jawa.

Fashion show yang digelar UPTD Puskesmas Bendo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri di gedung pertemuan Desa Darungan ini, bertujuan untuk memberikan wadah bagi para lanjut usia, berekspresi dan berkarya. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menggugah semangat para lansia, untuk menjalani pola hidup sehat.

Mega Elang Putri, panitia mengatakan, kegiatan ini diikuti lansia dari lima desa di Kecamatan Pare, yakni Desa Darungan, Sambirejo, Sumberbendo, Bendo dan Pelem. Kegiatan ini sekaligus sebagai kampanye agar para lansia memanfaatkan Posyandu sebaik mungkin untuk menjaga kesehatan mereka di hari tua.

Kegiatan ini sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, utamanya lansia. Dengan kegiatan ini dapat menguatkan kaum lansia untuk merasa semangat dan tetap terlibat dalam pembangunan di mana mereka tinggal.

Live Streaming

Powered by