Sukses

Agro Wisata di Lamongan: Durian Montong Sebesar Helm

Aroma durian yang menyengat bisa menggoda siapa pun, tekstur dagingnya yang lembut memang menggoda lidah untuk segera mencicipi.

Liputan6.com, Jakarta - Aroma durian yang menyengat bisa menggoda siapa pun, tekstur dagingnya yang lembut memang menggoda lidah untuk segera mencicipi, bentuknya yang bulat besar berwarna kuning bisa meningkatkan hasrat untuk segara membelinya. Jika ingin melihat buah nikmat ini bergelantungan di pohon, coba datang ke Desa Sugihan, Solokura, Lamongan, Jawa Timur.

Tempatnya memang sedikit jauh dari jalur utama Lamongan, Jawa Timur, yang terdiri dari jalur utara dan jalur tengah. Namun, ketika sampai di lokasi Agro Wisata Durian Montong Desa Sugihan, dijamin, jalan yang sulit dijangkau itu tidak berarti apa-apa.

Berada di tengah perkebunan desa, tempat ini tergolong asri, masih banyak pepohonan yang besar dan rindang. Bising suara kendaraan besar pun nyaris tidak dijumpai di tempat ini. Justru suara sapi, kambing, ayam, kambing dan burung lah yang mendominasi di sini.

Sebelumnya tidak ada yang menyangka bahwa durian bisa tumbuh dengan baik di tempat yang tanahnya berwarna mewah ini. Hasil coba-coba, Zumiyah si pemilik kebun ini berhasil membudidaya durian montong dengan kualitas yang jempolan.

Semula ia hanya penasaran saja, apakah durian bisa ditanam di wilayah perkebunannya atau tidak, menyusul sebelumnya tidak pernah ada riwayat tanaman durian di tempatnya. Dari penasaran itu, dirinya memesan 50 bibit durian montong dari Majalengka, Jawa Barat pada 2013.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasilnya Memuaskan

Berkat ketelatenan dalam mengurus sejumlah tanaman miliknya itu, Zumiyah berhasil menemukan jawaban atas pertanyaannya itu. Hanya berselang lima tahun dari sejak ia menanam, kebun dirian miliknya sudah berbuah dengan kualitas yang istimewa. Duriannya manis dan besar, bahkan ada yang sebesar helm.

Kabar kesuksesan Zumiyah pun menyebar seperti angin, warga sekitar datang berduyun-duyun ingin menyaksikan fenomena langka tersebut. Bagi warga Sugihan dan sekitarnya, melihat durian merupakan pemandangan yang jarang ditemui, apalagi durian yang masih menempel di pohon dengan ukuran yang besar.

Tak hanya warga yang kepincut dengan kabar baik ini, bahkan Bupati Lamongan, Fadeli pun turut datang ke tempat wisata ini. Pada 2018, Fedeli beserta rombongan Pemkab Lamongan bertandang, mencicipi langsung durian hasil kebun warganya.

Tak tanggung-tanggung, Fedeli yang begitu bahagia melihat kesuksesan warganya, rela merogoh kocek sebesar Rp2 juta untuk memborong durian montong berkualitas super itu. Kini, kebun durian milik Zumiyah menjadi salah satu objek agro wisata baru di Lamongan, Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.