Melihat Proyek Properti Grup Ciputra di Surabaya

Oleh Agustina Melani pada 27 Nov 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 27 Nov 2019, 14:00 WIB
Property Rumah
Perbesar
Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia usaha. Pengusaha properti dan pendiri Grup Ciputra Ir Ciputra tutup usia pada Rabu, 27 November 2019. Pria dipanggil akrab Pak Ci ini meninggal pada usia 88 tahun.

“Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada 27 November 2019 pk 1:05 waktu Singapore,” tutur Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Rika Lestari, demikian mengutip Kanal Bisnis Liputan6.com.

Update

Mengutip laman Ciputra, Ir Ciputra mendirikan grup Ciputra pada 1981 dan menjadi salah satu pengembangan properti terdiversifikasi di Indonesia.

Salah satu proyek pertama grup ini adalah CitraGarden City pada 1981. Selama tiga dekade terakhir, grup Ciputra telah mengembangkan lebih dari 100 proyek di 44 kota di Indonesia. Grup Ciputra go public pada 1994, dan memiliki perusahaan induk PT Ciputra Development Tbk.

Grup Ciputra telah menjadi perusahaan properti paling beragam dari produk, lokasi,dan segmen pasar. Melalui kemitraan, grup Ciputra ekspansi  ke luar negeri antara lain Vietnam, Kamboja, India dan China.

Selain itu, grup Ciputra diversifikasi ke 11 industri antara lain township, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, apartemen, pusat rekreasi, fasilitas olahraga, telekomunikasi, kesehatan, brokerage, media dan perdagangan.

Salah satu wilayah di Indonesia yang menjadi pengembangan bisnis grup Ciputra adalah Jawa Timur. Daerah dibidik terutama di Surabaya dan sekitarnya. Sekitar tahun 1980-an, Ciputra telah melirik Surabaya untuk mengembangkan usaha propertinya. Langkah Ciputra tersebut pun tepat. Kini proyek properti cukup sukses di Surabaya dan sekitarnya.

Ia membangun perusahaan untuk mengembangkan proyek di sejumlah kota-kota di Indonesia termasuk di Surabaya dan sekitarnya.  Di bawah perusahaan properti PT Ciputra Development Tbk (CTRA) ada sejumlah anak usaha yang menggarap proyek properti.

Anak usaha PT Ciputra Development Tbk yaitu PT Ciputra Residence. Anak usaha properti grup Ciputra ini mengembangkan dan menjual real estate berupa rumah, ruko, dan gudang, mengembangkan dan mengelola waterpark. Di Jawa Timur, salah satunya menggarap proyek CitraGarden City Malang.

Selain itu, ada anak usaha PT Ciputra Nusantara dan subsidiaries yang menggembangkan dan menjual real estate berupa kavling, rumah dan ruko, apartemen dan gedung perkantoran.

Selain itu, mengembangkan dan mengelola pusat niaga, mal, hotel, lapangan golf dan waterpark. Di Surabaya dan sekitar, sejumlah proyek digarap antara lain CitraLand Surabaya, Ciputra Golf Surabaya, Ciputra World Surabaya, CitraHarmoni Sidoarjo, CitraGarden Sidoarjo, CitraIndah Sidoarjo, The Taman Dayu Pandaan, dan CitraLand Vittorio Surabaya.

Ada pun proyek Ciputra World berdiri di atas lahan seluas hampir 10 hektar, di Jalan Mayjend Sungkono. Proyek ini dibangun dengan konsep superblock.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Selanjutnya

Berdasarkan laporan tahunan PT Ciputra Development Tbk pada 2018, proyek perseroan dari Surabaya termasuk salah satu berkontribusi terbesar dalam hal pre-sales bagi perseroan.

Tercatat kontribusi CitraLand Surabaya mencapai Rp 551 miliar. Sedangkan dari kota lainnya yaitu CitraMaja Raya Rp 880 miliar, CitraRaya Tangerang Rp 431 miliar, CitraLand City Losari Makassar sebesar Rp 407 miliar, CitraLand Gama City Medan sebesar Rp 305 miliar, CitraIndah Jonggol sebesar Rp 301 miliar dan CitraGarden City Jakarta sebesar Rp 263 miliar.

Pada 2018, perseroan meluncurkan empat proyek baru antara lain Vertu Apartment Ciputra World Surabaya, CitraLand Palembang, CitraLand Vittorio Surabaya dan Newton 2.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓