Sukses

11 Tempat Wisata di Bromo Terpopuler, Paket Lengkap Keindahan Alam

Tempat wisata di Bromo terdiri dari beragam keindahan alam khas pegunungan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Bromo sudah terkenal tidak hanya di dalam negeri saja, bahkan sampai ke luar negeri. Keindahan alam yang ditawarkan oleh kawasan Gunung Bromo merupakan paket lengkap wisata alam pegunungan, dimana kamu bisa menikmati berbagai pengalaman. 

Tidak hanya mendapatkan pemandangan gunung biasa, kamu akan disuguhkan dengan berbagai bentuk alam dan budaya. Tentunya saat berkunjung ke Bromo, kamu tidak ingin melewatkan satu spot pun  karena keindahannya memang tiada tara.

Tempat wisata di Bromo terdiri dari beragam keindahan alam khas pegunungan. Kamu bisa melihat perbukitan yang menghijau dengan rumput savana, atau mengelilingi lautan pasir, hingga menikmati sunrise dari puncak gunung yang menakjubkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019) tentang tempat wisata di bromo

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pasir Berbisik dan Kawah Bromo

Pasir Berbisik

Tempat wisata di Bromo yang pertama adalah pasir berbisik. Sebelum sampai ke kawah Gunung Bromo, kamu akan disambut dengan hamparan pasir yang cukup luas. Hamparan pasir ini diberi nama dengan sebutan pasir berbisik.

Areanya cukup luas, pengunjung bisa dengan mudah mengambil spot terbaik untuk berfoto. Selain itu, di pasir berbisik ini kamu juga dapat menikmati kegiatan lain, seperti mengendarai motor trail, menunggangi kuda, dan lain sebagainya. Lokasinya berada di sebelah timur puncak Bromo.

Kawah Bromo

Tempat wisata di Bromo berikutnya tentu adalah kawah bromo. Kamu dapat melihat langsung kecantikan kawah Bromo yang begitu memesona. Untuk mencapainya, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 2 km dari area parkir.

Jika kamu malas berjalan kaki, kamu juga bisa menyewa kuda. Setelah itu, kamu tinggal menaiki anak tangga yang mencapai puncak kawah bromo.

3 dari 6 halaman

Bukit Teletubbies Bromo dan Padang Rumput Savana

Bukit Teletubbies Bromo

Bukit teletubbies bromo menjadi salah satu tempat favorit bagi banyak wisatawam. Selain bisa menikmati kecantikan gunung Bromo dengan deretan bukit hijau, area ini juga menjadi spot foto terbaik.

Bukitnya dipenuhi dengan rerumputan hijau yang sangat cantik. Bahkan rumput di sini sangat terjaga sehingga nampak begitu rapi. Jadi, saat berkunjung ke kawasan Bromo Tengger, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini.

Padang Rumput Savana

Padang rumput savana bromo merupakan sebuah tempat yang terletak di selatan timur Gunung Bromo, terletak pada sebuah lembah hijau yang di kelilingi tebing-tebing menjulang tinggi dan beberapa punggungan gunung kecil.

Padang Rumput Bromo yang sangat luas ini bisa membuat kamu pangling, karena jalur mencapai savana adalah Lautan Pasir yang gersang, namun saat memasuki padang rumput ini ini kamu akan disuguhi oleh pemandangan yang benar-benar hijau di kelilingi bukit-bukit yang menambah indahnya tempat wisata ini.

Terletak di lembah jemplang, akses termudah untuk kesini jika memakai kendaraan biasa atau sepeda motor adalah via Malang atau via lumajang.

 

4 dari 6 halaman

Pura Luhur Poten dan B 29 Argosari

Pura Luhur Poten

Tempat wisata di Bromo ini memang cukup unik. Jika sebelumnya wisata Bromo dipenuhi dengan keindahan alam, sekarang kamu juga bisa menemui tempat ibadah, yaitu Pura Luhur Poten. Pura di sini merupakan tempat ibadah warga sekitar yang memeluk agama Hindu.

Tidak heran saat perayaan Nyepi tiba, kawasan ini selalu diramaikan dengan kunjungan warga lokal yang ingin melakukan ibadah di sana. Biasanya kawasan Taman Nasional Bromo Tengger pun juga ikut ditutup demi kenyamanan warga yang ingin melaksanakan ibadahnya di Pura ini.

B 29 Argosari

B 29 Argosari merupakan salah satu spot camping favorit di Bromo. Destinasi wisata yang satu ini memang cukup asing bagi pengunjung Bromo. Tempat ini merupakan puncak yang paling tinggi di kawasan Wisata Gunung Bromo, lebih tinggi dari penajakan 1.

Sehingga udara dingin dengan pemandangan yang sangat indah serta ditambah hamparan tumbuhan khas dari dataran tinggi membuat kawasan wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Letak dari wisata ini berada di daerah desa Argosari, kec. Senduro kira – kira 40 Km dari kota Lumajang. Untuk menuju ke B 29 ini akses termudah adalah melalui Senduro Lumajang, jalur selatan.

5 dari 6 halaman

Penanjakan 1 dan 2

Penanjakan 1

Penanjakan 1 merupakan lokasi terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Lokasi ini merupakan yang paling tinggi di antara bukit lainnya. Di sini kamu bisa langsung menyaksikan kecantikan sunrise di pagi buta dengan keindahan lembah yang masih tertutup kabut.

Untuk bisa mencapai bukit penanjakan 1, kamu bisa menggunakan kendaraan seperti jeep dan sepeda motor. Namun untuk keamanan yang lebih tinggi, sebaiknya hindari menggunakan sepeda motor jenis matic karena medannya cukup berat.

Penanjakan 2

Selain penanjakan 1, ada juga penanjakan 2. Meskipun lokasinya masih kalah tinggi dengan penanjakan 1, namun akses menuju ke tempat ini jauh lebih mudah dengan tantangan yang lebih ringan.

Untuk bisa sampai ke penanjakan 2, kamu bisa mengaksesnya dari Kabupaten Probolinggo. Dijamin meskipun menjadi alternatif kedua, namun tempat ini menawarkan keindahan yang tak kalah dari lokasi penanjakan 1 Bromo.

6 dari 6 halaman

Bukit-Bukitan untuk Melihat Sunrise

Bukit Mentigen

Selain Penanjakan 1 dan penanjakan 2, alternatif ke tiga untuk spot view sunrise adaah dari bukit mentigen. Disini pengunjung cukup jalan kaki saja dari area penginapan atau hotel di daerah cemara lawang probolinggo.

Walaupun bukitnya tidak terlalu tinggi namun bisa menjadi alternatif terbaik kalau berangakat ke Bromo ala backpacker, tidak membawa kendaraan sendiri baik roda 4 maupun roda 2. Jalan kaki pun tidak jauh dari cemara lawang.

Bukit Kingkong

Tempat wisata di Bromo selanjutnya adalah Bukit Kingkong. Bukit Kingkong menjadi salah satu tempat yang sering digunakan untuk melihat kecantikan sunrise di Bromo. Tempatnya tidak jauh dari penanjakan 1, jaraknya sekitar 2,5 km saja.

Meskipun menjadi alternatif untuk melihat sunrise, namun tempat ini begitu populer di kalangan wisatawan. Sehingga untuk bisa menyaksikan keindahan sunrise pun kamu harus rela berdesakan dengan wisatawan lain yang sama-sama ingin menyaksikan keindahan sunrise dari bukit ini.

Bukit Cinta

Di Bukit Cinta ini, selain bisa menyaksikan keindahan sunrise kamu juga dapat memanjakan mata dengan deretan bukit yang mengelilinginya. Pada pagi hari, kamu bisa menyaksikan keindahan lembah dan bukit yang masih tertutup awan kabut.

Sedangkan, pada siang hari meskipun sedikit panas, kamu bisa menyaksikan hijaunya pegunungan dengan deretan bukit-bukit yang nampak cantik dan mempesona. Lokasi bukit cinta ini masih bersebelahan dengan bukit kingkong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini