Seperti Gamcheon, Surabaya Juga Punya Kampung Warna-warni

Oleh Liputan6.com pada 26 Nov 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 26 Nov 2019, 06:00 WIB
Wisata Bahari Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengagumi salah satu kampung di Korea Selatan. Kampung tersebut bernama Gamcheon Village, yang merupakan Kampung Warna-warni di Busan, Korea Selatan.

Jokowi menilai, kampung yang kini diminati wisatawan itu tak hanya baik dalam penataan, tetapi juga pemberdayaannya.

"Jadi misalnya di sini kita bisa beli ada kafe, bisa minum kopi tapi murah. Kemudian juga ini makanan-makanan seperti ini, tapi kemasannya dikemas dengan sangat bagus, diberikan brand dan ya penyajiannya sangat murah. Sangat murah," kata Jokowi usai mengunjungi Gamcheon Village di Busan Korea Selatan, Minggu, 24 November 2019.

Jokowi menuturkan, kampung-kampung di Indonesia juga dapat membangun seperti Gamcheon Village. “Saya kira kampung-kampung kita, desa-desa kita mampu membangun seperti ini, bukan sesuatu yang sulit,” ujar dia.

Jokowi mengakui, Indonesia memiliki beberapa lokasi yang mirip Gamcheon Village seperti di Malang, Semarang, hingga Yogyakarta. Akan tetapi, sayang hanya fokus terhadap penataan kampung saja.

"Kalau di sini penataan kampung, pemberdayaan ekonominya menjadi wisata, menjadi kawasan wisata sehingga bercampur aduk meningkatkan ekonomi masyarakat di sini. Saya kira ini sebuah rencana yang sangat baik," tutur dia.

Terkait kampung tersebut, di Surabaya juga terdapat salah satu kampung warna-warni. Kampung ini merupakan Kampung Nelayan Kejawan Lor Kenjeran, yang berada di Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak. Kampung Nelayan ini dikenal juga dengan Kampung Warna-Warni. Hal ini disebabkan atap rumah di kawasan ini dicat warna-warni sejak 2016. Penataan kampung nelayan ini agar lebih indah dan tidak mengurangi kekhasan kampung nelayan tersebut.

Pada September 2016, Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya, bekerja sama dengan PT HM Sampoerna menata dan mengecat ulang kampung nelayan ini. Diharapkan dengan pengembangan wisata terpadu tersebut, kawasan pesisir yang cantik tersebut dapat mendatangkan lebih banyak wisatawan, baik dari dalam atau pun luar daerah. 

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Pantai Kenjeran, Surabaya
Pantai Kenjeran adalah pantai yang ada di Surabaya (Foto: travelmatekamu.com)

Berkunjung ke Kampung Nelayan Kenjeran, ada banyak hal yang bisa Anda temukan. Di sana Anda akan mendapatkan pemandangan unik dari rumah yang dicat warna-warni. 

Selain itu, terdapat pula taman indah yang telah dibangun di kampung ini yaitu Taman Suroboyo. Di taman ini Anda dapat melihat ikon Kota Pahlawan, patung Suro dan Boyo terbesar yang menghadap ke laut. Taman ini juga dilengkapi dengan permainan-permainan anak dan berbagai tanaman yang mengitarinya.

Sebagai kawasan pesisir, di kampung ini juga terdapat Sentra Ikan Bulak. Sentra ini merupakan pusat hasil olahan ikan laut Surabaya.

Selain itu, di Kampung Nelayan Kenjeran, Anda dapat melihat pemandangan pantai. Di kampung yang berbatasan dengan Pantai Nambangan ini juga, Anda dapat melihat aktivitas para nelayan yang sedang melabuhkan perahunya.

 

(Kezia P-Mahasiswa UMN)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓