VIDEO: Burung Kakatua Jambul Kuning di Pulau Masakambing Terancam Punah

Oleh Agustina Melani pada 25 Nov 2019, 20:35 WIB
Diperbarui 25 Nov 2019, 20:35 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur wilayah ini adalah salah satu surga tersembunyi, yang menyimpan banyak potensi pariwisata selain bangunan bersejarah dan pantai dengan pasir putih.

Daerah ini juga rumah dari satwa langka yakni burung kakatua jambul kuning abbotti. Burung ini digolongkan dalam sub spesies tersendiri, karena punya ciri berbeda dengan kakatua jambul kuning lainnya, yakni ukurannya yang lebih kecil. Berikut simak tayangannya pada Liputan6, 23 November 2019.

Sayangnya kakatua sulphurea abboti ini kini terancam punah. Burung yang dilindungi ini, hanya bisa ditemukan di pulau Masakambing, Kecamatan Masalembu, yang berjarak tempuh belasan perjalanan dari daratan Madura.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat, menyebut saat ini jumlahnya hanya sekitar 25 ekor.

"Satu-satunya di dunia hanya ada di Pulau Masakambing, ya keunikannya burung kakatua sini adalah setia dengan pasangannya, jadi jika salah satu pasangannya mati, maka ia menyendiri," kata Daeng Usman, Petugas BKSDA, Kabupaten Sumenep.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Sumenep berdalih,  pelestarian satwa ini juga sudah menjadi program pemerintah pusat.

Pada awal 1900-an populasi burung ini mencapai ribuan ekor, tapi dianggap sebagai hama oleh warga setempat. Orang dari luar daerah pun dibiarkan untuk memburunya. Namun, sejak terancam punah, warga kini ikut melindungi dan menjadikannya ikon Pulau Masakambing, Madura.