4 Taman di Surabaya yang Punya Spot Instagramable

Oleh Agustina Melani pada 23 Nov 2019, 08:03 WIB
Diperbarui 24 Nov 2019, 20:14 WIB
Keindahan Taman Harmoni Surabaya (sumber: instagaram/lovesuroboyo)

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur dikenal sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia. Meski demikian, kota ini  menawarkan wisata kota yang dapat dikunjungi para wisatawan baik turis asing dan domestik.

Di Kota Pahlawan ini ada sejumlah tempat wisata yang dapat dikunjungi mulai dari museum, kawasan kota tua, kawasan wisata religi, pantai, dan lainnya.

Bila Anda hanya memiliki waktu singkat untuk mengunjungi Surabaya lantaran hanya untuk pekerjaan. Coba sempatkan mengeliling kota ini dan mengunjungi taman di Surabaya. Kota ini juga dikenal sebagai kota  taman. Diperkirakan ada lebih dari 400 taman di Surabaya. Pada 2019, ada sekitar 70 taman baru.

Taman tersebut bisa menjadi tujuan wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Tempat wisata murah meriah dan menarik lantaran dapat menghirup udara segar dan melihat pemandangan tanaman hijau di taman.

Tak hanya itu, taman di Surabaya ini juga punya spot-spot instagramable. Mungkin ini dapat menarik perhatian Anda dan bisa diunggah ke akun media sosial. Penasaran taman mana saja yang dapat menjadi pilihan? Yuk simak ulasan ini seperti dirangkum dari berbagai sumber:

2 of 4

Taman Apsari

Keindahan Taman Harmoni Surabaya (sumber: instagaram/surabaya)
Keindahan Taman Harmoni Surabaya (sumber: instagaram/surabaya)

1.Taman Apsari

Taman ini dinilai salah satu taman yang punya spot instagramable. Mengutip Surabaya.go.id. lokasi Taman Apsari berada di daerah yang merupakan kawasan pusat kota tepatnya di Jalan Taman Apsari. Di sekitar kawasan ini terdapat Rumah Dinas Gubernur Jawa Timur, Patung Joko Dolog, dan kantor pos.

Dengan berkonsep tema perjuangan, di area pintu masuk utama dapat ditemukan patung Gubernur Suryo. Ada sekitar 20 jenis tanaman dan bunga yang ditata di Taman Apsari.

Tanaman pun diselaraskan dengan ada dua ikon sejarah di taman tersebut yakni Patung Gubernur Suryo dan Patung Joko Dolog. Di sekitar area Patung Joko Dolog itu dapat fasilitas lapangan yang digunakan untuk warga sekitar.

2. Taman Harmoni

Salah satu taman yang dapat Anda kunjungi di Surabaya yaitu Taman Harmoni. Dulunya taman ini merupakan area pembuangan sampah. Kini area itu disulap menjadi taman yang asri dan memikat pengunjungnya. Taman ini terletak di Jalan Keputih Tegal Timur 2 Nomor 249, Keputih, Sukolilo.

Taman ini memiliki luas sekitar 40 hektar, dengan luas lahan yang baru terbangun sekitar 8,6 hektar. Di sini terdapat bunga matahari, mawar, bunga sepatu dan lainnya. Taman ini juga kadang dijadikan obyek lokasi pre wedding dan kumpul-kumpul.

3 of 4

Taman Mozaik

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Taman Mozaik di Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

3. Taman Pelangi

Taman ini terdapat di Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Taman ini memiliki konsep unik. Pada siang hari, taman ini berkonsep sebagai penyejuk bagi pengunjung. Bila malam hari tiba, taman ini memiliki konsep pelangi yang terpancar dari lampu-lampu yang ada di sana. Sambil menikmati pemandangan cahaya warna-warni, pengunjung juga akan ditemani suara gemercik air mancur.

4. Taman Mozaik

Taman ini masih terbilang baru. Taman yang memiliki konsep mozaik warna-warni ini berada di Jalan Wiyung Praja, Surabaya. Taman tersebut dinilai instragramable lantara terdapat bangunan utama menyerupai rumah yang berdinding mozaik warna-warni.

Di Taman Mozaik, pengunjung dapat mengabadikan momen dengan berfoto. Warna-warni taman ini akan membuat foto yang dihasilkan menjadi instagramable. Apalagi saat mendapat paparan sinar matahari.

Sebelum menjadi taman kota, taman ini merupakan rawa-rata yang tidak terurus. Rawa-rawa ini penuh dengan semak belukar. Pemerintah Kota Surabaya pun berinisiatif mengubah area ini menjadi taman.

Taman Mozaik ini memiliki luas lahan total 5.100 meter persegi. Pada tahap pembangunan pertama, Pemkot Surabaya telah mengerjakan 1.850 meter persegi.

Tahap pertama ini pengunjung bisa melihat rumah mozaik sebagai bangunan utama, pedestrian, prisma warna-warni dan landscape tanaman. Selain itu juga terdapat fasilitas seperti playground untuk anak-anak dan lokasi parkir untuk para pengunjung.

 

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓