Sukses

Pemkot Surabaya Budidayakan Pohon Tabebuya Sejak 5 Tahun Lalu

Sebelum Bunga Tabebuya di Surabaya viral dan banyak dikenal masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sebenarnya juga telah membudidayakan Bunga Tabebuya.

Liputan6.com, Surabaya - Sebelum Bunga Tabebuya di Surabaya viral dan banyak dikenal masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sebenarnya juga telah membudidayakan Bunga Tabebuya. Bahkan, budidaya atau pembibitan itu sudah dilakukan sejak lima tahun lalu di Kebun Bibit Wonorejo, Rungkut, Surabaya.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Hendri Setianto, memastikan beberapa jenis Tabebuya yang dibudidayakan itu terdiri dari berbagai jenis, mulai yang berwarna kuning, putih, hingga merah muda.

"Pembibitan ini kita upayakan untuk jangka panjang. Kalau pembibitannya sekarang, penanamaannya lima tahun mendatang,” kata Hendri, Jumat, 22 November 2019.

Proses pembibitan tanaman bunga yang instagramable ini tak sekadar untuk kebutuhan taman-taman kota, tapi juga untuk masyarakat. Warga nantinya bisa mengajukan permintaan bunga tersebut ke DKRTH.

"Kalau minta, kita kasih cuma-cuma. Tapi, tak sebesar yang ditanam di pinggir-pinggir jalan. Karena masih membutuhkan waktu,” ujarnya.

Menurut Hendri, di Kebun Bibit Wonorejo yang luasnya mencapai satu hektar itu, dikembangkan proses pembibitan berbagai jenis tanaman. Dari luasan kebun bibit, area pembibitan tanaman Tabebuya menempati lahan berukuran 100 x 2 meter yang terdiri dari beberapa blok.

"Dari biji (Tabebuya) yang kita ambil dari tanaman yang ada di pinggir-pinggir jalan, kita bibitkan dalam blok atau bedeng. Kira-kira ada enam blok, dan tiap blok ada sekitar 1.500 bibit,” paparnya.

Hendri menyebut, dari proses pembibitan di bedeng-bedeng itu, jika tanamannya sudah berukuran 30-50 centimeter, maka proses selanjutnya akan dipindahkan ke lahan terbuka tanpa polibag di sekitar kebun bibit.

"Biar pertumbuhannya cepat. Kemudian, kita lakukan pembibitan lagi. Dari biji kering, kita semai, kalau sudah tumbuh kita ambil, kemudian dimasukkan ke polibag," urainya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Pembibitan

Hendri juga menuturkan, budidaya Tabebuya yang dilakukan oleh pemkot sampai saat ini belum begitu besar.  Namun begitu, sebagian telah ditanam di taman-taman kota.

Sedangkan di beberapa ruas jalan, karena membutuhkan ukuran yang besar, sementara ini pemerintah kota mendatangkan dari tempat-tempat pembibibtan yang ada di Kediri, tulungagung dan Malang. “Pengadaan tetap ada, karena tinggi pohon di kebun bibit berkisar satu meter,” katanya.

Kepala UPTD Taman, Pramudita Yustiani menjelaskan, mulai proses pembibitan hingga pemeliharaan, pihaknya memiliki tim khusus yang berjumlah lima orang petugas. Mereka dinilai berpengalaman dalam proses pembibitan tanaman. “Pembibitan ini gencar kita lakukan, karena banyak minta, setelah melihat saat bermekaran,” paparnya.

Selama November ini, Pohon Tabebuya bermekaran bunganya di sejumlah ruas jalan. Keindahkan bunga Tabebuya yang nampak di sejumlah lokasi tak jarang dijadikan spot selfie warga. Di Kota Pahlawan, terdapat sekitar 7.000 pohon Tabebuya. Setelah banyak ditanam di tengah kota, DKRTH memperluas penanaman di kawasan pinggiran.

Pramudita menambahkan, budidaya tanaman Tabebuya tidaklah sulit. Untuk kesuburan tanaman, DKRTH hanya menggunakan pupuk organik, di antaranya hasil pengomposan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.