VIDEO: Peternak Lobster Air Tawar di Jombang Raup Omzet Belasan Juta Rupiah

Oleh Agustina Melani pada 21 Nov 2019, 05:00 WIB
Diperbarui 21 Nov 2019, 05:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Tingginya permintaan konsumen akan lobster air tawar merangsang sejumlah peternak ikan, mulai mengembangkan budidaya lobster air tawar. Selain perawatannya tidak terlalu sulit, usaha tersebut mampu meraup omzet hingga belasan juta rupiah per bulan.  

Berikut kita simak tayangan videonya pada Liputan6, 19 November 2019. Beginilah aktivitas sehari-hari di kolam lobster air tawar, milik Heru Setiawan, di Desa Jogoloyo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

8 petak kolam berukuran 4x5 meter inilah, Heru mulai membudidayakan lobster air tawar di halaman rumahnya. Usahanya dirintis berawal dari informasi temannya akan peluang yang menggiurkan. Dengan modal awal 5 ekor bibit lobster air tawar yang dibelinya, kini ia sudah menjadi peternak lobster sukses.

Tidak sulit untuk membudidayakan dan memasarkan lobster air tawar yang diternaknya. Yakni hanya cukup diberi makan pelet ikan 2 kali sehari, serta sirkulasi air agar tetap mengandung oksigen yang bisa berkembangbiak dengan baik.

Dalam satu bulan, Heru mengaku bisa panen hingga empat kali. Berkat ketekunan usahanya, kini Heru bisa meraup omzet hingga belasan juta rupiah per bulan. Lobsternya banyak dipesan ke sejumlah daerah di Jawa Timur. Tingginya permintaan lobster air tawar menjadi peluang usaha bagi siapa saja yang ingin usaha budidaya lobster air tawar.