VIDEO: Santri Ponpes di Ponorogo Keracunan Makanan

VIDEO: Santri Ponpes di Ponorogo Keracunan Makanan

Jajaran Polres Ponorogo, Jawa Timur menyelidiki kasus keracunan massal yang menimpa ratusan santri di Ponpes Darul Fikri, Ponorogo. Polisi mengamankan sampel makanan yang diduga menyebabkan keracunan untuk diteliti di laboratorium.

Aparat dari Polsek Sumoroto, Ponorogo, Senin pagi mendatangi Puskesmas Kauman, yang menjadi salah satu tempat perawatan sejumlah santri Darul Fikri yang diduga mengalami keracunan makanan.

Polisi meminta keterangan sejumlah santri dan petugas medis untuk menyelidiki keracunan massal yang menimpa ratusan santri di ponpes ini. Pemeriksaan juga dilakukan di Ponpes Darul Fikri termasuk mengambil sampel makanan olahan ikan tongkol, yang diduga penyebab keracunan. Sampel itu akan dibawa ke laboratorium untuk diteliti.

"Jadi kami sudah koordinasi dengan pihak Puskesmas dalam rangka penanganan lebih lanjut dan untuk sampel dilakukan pengujian laboratorium serta koordinasi dengan pihak pesantren," kata Kompol Nyoto, Kapolsek Sumoroto.

Akibat keracunan ini, pihak sekolah terpaksa meliburkan para santri. Sebab, selain masih banyak yang sakit, para pengajar pun juga banyak yang menunggu di rumah sakit.

Sebelumnya, pada Minggu malam, ratusan santriwati di Pondok Pesantren Darul Fikri, Desa Bringin, Kecamatan Kauman, Ponorogo, mengalami gejala keracunan. Mereka menderita mual, pusing, hingga kepala terasa panas.

Kejadian ini terjadi sesaat setelah para santri makan malam bersama, dari menu olahan ikan tongkol dan sambal, yang disediakan pihak ponpes. Saat ini, para korban mendapat perawatan di 2 rumah sakit, dan 2 Puskesmas. Demikian seperti diberitakan Liputan6, 19 November 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 November 2019, 17:00 WIB

Video Terkait

Spotlights