Sukses

Surabaya Kembali Raih Anugerah Kihajar 2019

Kota Surabaya dinilai berprestasi dalam pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk kemajuan dunia pendidikan.

Liputan6.com, Surabaya - Kota Surabaya kembali meraih penghargaan Anugerah Kihajar 2019 kategori utama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diberikan saat penganugeraan Kihajar di Balai Kartini, Jakarta, Kamis malam, 14 November 2019.

"Prestasi yang berhasil diraih ini merupakan bentuk perhatian Ibu Risma (Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini) untuk kemajuan pendidikan anak-anak Surabaya," kata Kepala Dinas Pendidikan Surabaya, Supomo di Surabaya, Jumat,(15/11/2019).

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Supomo mewakili Risma yang saat itu ada tugas dinas di luar negeri. Penghargaan yang diterima ini karena Surabaya dinilai berprestasi dalam pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk kemajuan dunia pendidikan.

Supomo mengatakan, penghargaan yang berhasil diraih ini, merupakan bentuk perhatian Risma terhadap anak-anak Surabaya. Bentuk perhatian itu, seperti menyediakan berbagai fasilitas dan ruang belajar untuk anak-anak, di antaranya Broadband Learning Center (BLC), Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Wifi gratis di taman-taman kota, hingga Rumah Bahasa dan Matematika.

Ia menuturkan, sejak 2016, Pemkot Surabaya telah mengikuti Anugerah Kihajar. Pada tahun pertama itu, Pemkot Surabaya meraih Kategori Khusus. Kemudian tahun 2017 dan 2018 meraih kategori utama atau yang tertinggi pada tingkat pemerintah daerah kota/kabupaten se-Indonesia.

"Pada keikutsertaan tahun 2019 ini, Pemkot Surabaya kembali meraih kategori utama Anugerah Kihajar," ujarnya.

Penghargaan Kihajar kategori utama yang diraih ini, juga tidak lepas dari berbagai inovasi yang diinisiasi oleh Wali Kota Risma dalam mengintegrasikan layanan pendidikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain di lingkungan Pemkot Surabaya.

Inovasi tersebut seperti halnya sinkronisasi data kependudukan dengan Dispendukcapil Surabaya, pencatatan aset sekolah dengan Bagian Layanan Pengadaan dan Pencatatan Aset Kota Surabaya, Anggaran OPD dengan Bagian Administrasi Pembangunan, e-Surat dengan Dinas Kominfo, serta data kemiskinan dengan Dinas Sosial.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemkot Surabaya Sudah Terapkan 40 Inovasi

Saat ini, kata dia, Pemkot Surabaya telah menerapkan 40 lebih inovasi yang berbasis TIK yang bermuara pada empat hal yakni pertama, untuk peningkatan kompetensi siswa, kedua peningkatan kompetensi guru, ketiga peningkatan kualitas sekolah, dan terakhir ketersediaan layanan pendidikan bermutu.

"Sampai saat ini, pengembangan inovasi pendidikan yang memanfaatkan TIK terus berjalan di Kota Surabaya. Salah satunya penggunaan transaksi nontunai untuk realisasi penggunaan dana di SD dan SMP negeri Kota Surabaya," kata Supomo.

Pria yang pernah menjabat Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya ini memastikan, bahwa ke depan Pemkot Surabaya akan terus berusaha untuk mengintegrasikan seluruh data sistem informasi Pendidikan dengan OPD di lingkungan Pemkot Surabaya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya berencana membuat semua administrasi dan layanan pendidikan menjadi berbasis TIK.

"Misalnya, administrasi kelas dan kurikulum. Dengan demikian, Pemkot Surabaya memiliki database yang terintegrasi dan memudahkan bagi masyarakat," kata dia.

Sebagai diketahui, Anugerah Kihajar ini diberikan kepada gubernur, bupati/wali kota sebagai penghargaan kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam pendayagunaan TIK untuk kemajuan dunia pendidikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.