Tiga Tujuan Wisata yang Letaknya Dekat Stasiun Pasar Turi

Oleh Liputan Enam pada 17 Nov 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 17 Nov 2019, 07:14 WIB
Pasar Turi

Liputan6.com, Jakarta - Di Surabaya, Jawa Timur ada stasiun yang bukan hanya sebagai tempat berhentinya kereta api. Stasiun tersebut sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Stasiun yang dimaksud adalah Stasiun Pasar Turi. Stasiun Pasar Turi sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya sejak Maret 2007 berdasarkan SK Walikota Surabaya

Stasiun Pasar Turi menyediakan berbagai layanan bagi penggunanya. Stasiun ini terletak di Jalan Semarang Nomor 1, Surabaya. Di sekitar stasiun ada banyak tujuan wisata yang bisa disambangi. Mulai dari pasar hingga tempat bersejarah. 

Berikut 3 tujuan wisata dekat Stasiun Pasar Turi, Surabaya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber: 

1. Pasar Turi

Tak jauh dari stasiun, ada pasar yang cocok bagi Anda pecinta belanja. Pasar tersebut bernama Pasar Turi. Bahkan nama dari “Stasiun Pasar Turi” diambil dari nama pasar ini.

Pasar ini adalah pusat perbelanjaan legendaris di Jawa Timur. Kisah terbangunnya Pasar Turi sudah dimulai sejak 1292.

Barang dagangan yang dijual di Pasar Turi sangatlah beragam. Mulai dari makanan, bahan pokok, alat-alat rumah tangga, hingga pakaian, semua dapat Anda temukan di pasar ini.

Berdiri sejak lama, Pasar Turi mengalami beberapa kali perubahan dan perkembangan. Walau beberapa kali mengalami kebakaran, pasar ini terus gigih untuk tetap bangkit.

 

2 of 3

Wisata Sejarah dekat Stasiun Turi

Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan (sumber: iStockphoto)

2. Tugu Pahlawan

Salah satu ikon Kota Surabaya adalah Tugu Pahlawan. Bisa dibilang, Anda belum ke Surabaya bila belum ke tugu ini.

Letak Tugu Pahlawan hanya berjarak tempuh 5-10 menit dari Stasiun Pasar Turi. Tugu ini merupakan monumen yang dibangun untuk memperingati pertempuran 10 November 1945. Dalam pertempuran itu, arek-arek Suroboyo berjuang mengusir pasukan sekutu dan Belanda yang ingin menjajah kembali Indonesia yang telah merdeka. 

Tugu ini memiliki ketinggian mencapai 41, 15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Di bawah Tugu Pahlawan terdapat museum pengenang jasa pahlawan yang berjuang di Surabaya. Museum itu adalah Museum 10 Nopember.

3. Rumah HOS Tjokroaminoto 

Hadji Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Tjokroaminto merupakan tokoh yang dikenal sebagai salah satu pemimpin organisasi politik pertama di Indonesia yakni Sarekat Islam. Datang ke Surabaya, Anda bisa berkunjung ke rumah kediaman HOS Tjokroaminoto. 

Jarak rumah HOS Tjokroaminoto dari Stasiun Pasar Turi kurang lebih 2 kilometer. Tempat wisata sejarah ini berada di Jalan Peneleh Gang VII.

Di rumah ini, Anda bisa menelusuri rumah dan melihat berbagai perkakas khas tempo dulu yang masih ada di sana. Selain itu, Anda juga bisa melihat alur perjalanan dari HOS Tjokroaminoto beserta foto-fotonya yang masih hitam putih.

Selain Museum HOS Tjokroaminoto, di Kampung Peneleh ini masih banyak tempat bersejarah yang bisa dikunjungi, seperti rumah kelahiran Bung Karno, masjid tua peninggalan Sunan Ampel, toko buku Peneleh, dan makam Belanda.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓