VIDEO: Anggota TNI Gadungan di Sidoarjo Tipu Beberapa Wanita Lewat Medsos

VIDEO: Anggota TNI Gadungan di Sidoarjo Tipu Beberapa Wanita Lewat Medsos

Memanfaatkan media sosial, seorang pria di Sidoarjo, Jawa Timur, menyaru sebagai anggota TNI berpangkat Serda. Modusnya korban diiming-imingi akan dinikahi, setelah itu dimintai uang hingga jutaan rupiah. Merasa tertipu, korban kemudian melapor ke polisi, dan pelaku akhirnya ditangkap tanpa perlawanan.

Bermodalkan potongan cepak dan postur tinggi besar, AJ (26), warga Desa Anggaswangi, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur berhasil menipu korbannya dengan menyaru sebagai anggota TNI berpangkat Serda.

Modus pelaku sengaja memasang foto profil berpakaian TNI lengkap di media sosial, dan mengajak berteman sejumlah perempuan, setelah korban masuk perangkap, pelaku berkomunikasi di dunia maya dan janjian untuk bertemu.

Dengan iming-iming akan menikahi korban, duda satu anak ini berhasil mendapatkan uang dari korban senilai Rp 1,9 juta, namun belakangan korban merasa ditipu. Setelah mengetahui pelaku bukanlah anggota TNI, dan langsung melaporkannya ke Pasmar Gedangan. Pelaku akhirnya diringkus dan kemudian diserahkan ke Mapolsek Gedangan.

"Ia mengaku sebagai anggota TNI AL atau Marinir Pasmar, kemudian kita koordinasikan dengan pihak Pasmar dan kita amankan tersangka atas nama Ahmad Junaidi, dan menurut keterangan, saudara Ahmad Junaidi ini dalam aksinya mengaku sebagai anggota TNI, sehingga korbannya merasa yakin dan akhirnya tertipu dengan meminjamkan uang," kata Kompol Heri Siswoko, Kapolsek Gedangan. Demikian seperti diberitakan program Fokus, 14 November 2019.

Polisi mengimbau agar tidak mudah percaya terhadap orang yang baru dikenal melalui media sosial. Apalagi sekadar memakai seragam aparat TNI-Polri, yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 15 November 2019, 14:47 WIB

Video Terkait

Spotlights