9 Pantai Eksotis di Probolinggo, Cocok Jadi Destinasi Liburan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 13 Nov 2019, 14:55 WIB
Diperbarui 13 Nov 2019, 15:17 WIB
Pantai

Liputan6.com, Jakarta Probolinggo menawarkan beragam destinasi yang cukup lengkap. Wilayah Probolinggo dibagi dalam kawasan kabupaten dan kota.

Probolinggo dikelilingi oleh pegunungan Tengger, Gunung Semeru, dan Gunung Argopuro. Probolinggo menjadi tujuan para pendaki untuk menaklukan puncak gunung.

Tak cuma pegunungan, wilayah Probolinggo juga berbatasan langsung dengan pesisir pantai. Daerah ini membentang di sepanjang pantai utara mulai dari barat ke arah timur kemudian membujur ke selatan.

Pantai-pantai yang ada di Probolinggo pastinya menarik untuk dikunjungi. Masing-masing jajaran pantai ini menyuguhkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berikut 9 pantai di Probolinggo, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (13/11/2019).

2 dari 5 halaman

Pantai yang terkenal di Probolinggo

Salam Pagi
Pantai Duta di Probolinggo, Jawa Timur, memiliki pesona daya ikat tersendiri bagi para wisatawan atau pegiat olahraga ekstrem paralayang. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Pantai Bentar

Pantai yang cukup terkenal di Probolinggo adalah pantai Bentar. Pantai ini berlokasi di desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Pantai ini menawarkan hamparan pasir pantai yang lembut dengan dermaga kayu yang menjorok sejauh 50 meter ke laut lepas.

Pantai Duta

Nama Duta merupakan akronim dari Randutatah, desa tempat pantai ini berada. Pantai ini baru mulai dikembangkan sebagai potensi wisata pada 2016 silam.

Pantai ini sudah sangat ramah pengunjung dan merupakan kawasan ekowisata hutan mangrove di Probolinggo. Banyak objek yang dapat dinikmati seperti jembatan yang menghubungkan pantai dengan mangrove, spot foto menarik, dan perkemahan.

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih berada di Sapia, Gili Ketapang, Sumberasih, Probolinggo. Gili Ketapang terletak 8 km, 30 menit dari lepas pantai utara Probolinggo. Untuk menuju pulau ini pengunjung bisa memanfaatkan perahu motor yang ada di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo.

Sesuai namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut. Jajaran terumbu karang di pantai ini juga makin menjadi daya tarik pantai ini.

3 dari 5 halaman

Pantai yang dekat dengan pusat kota

BeeJay Bakau Resort, Probolinggo
BeeJay Bakau Resort, Probolinggo (sumber: beejaybakauresort)

Pantai Mayangan

Pantai Mayangan dikenal sebagai pelabuhan tempat nelayan mendarat usai melaut. Di sini terdapat aktivitas pelelangan ikan antara nelayan dan pedagang. Terdapat pasar ikan tradisional di mana pengunjung dapat memilih langsung ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Di sisi timur, terdapat area pemecah ombak yang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Tempat ini biasa digunakan untuk berfoto atau memancing.

Pantai BJBR

Pantai yang dekat dengan pusat kota selanjutnya adalah pantai BJBR. Pantai ini masih satu lokasi dengan BeeJay Bakau Resort. BeeJay Bakau Resort merupakan kawasan ekowisata hutan bakau yang ada di Kota Probolinggo.

BeeJay Bakau Resort menawarkan berbagai fasilitas dan wahana wisata yang cukup lengkap. Terdapat berbagai spot foto menarik dengan latar belakang hijaunya hutan bakau dan pantai.

4 dari 5 halaman

Pantai dengan hamparan hutan mangrove

Ilustrasi pantai
Ilustrasi pantai (foto: shutterstock)

Pantai Dringu

Pantai Dringu berada di desa Curahsawo,Gending, Probolinggo tak jauh dari pantai Bentar. Pantai Dringu juga dikelilingi hutan mangrove yang hijau.

Pengunjung bisa berkelilingi sekitar hutan mangrove dan menikmati kesejukan pantai. Pantai Dringu memiliki hamparan pasir putih yang memanjakan mata.

Pantai Pilang

Pantai Pilang pantai Pilang atau Permata Pilang berada di Pilang, Mayangan, Probolinggo. Pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Terdapat pepohonan cemara udang dan cemara pantai yang menghiasi pantai ini. Terdapat pula kawasan hutan mangrove yang kerap dijadikan tempat penelitian para mahasiswa dan pelajar. Pada 2010 silam, pantai ini pernah terdampak erupsi gunung Bromo.

5 dari 5 halaman

Pantai yang jarang terekspos

kepribadian
ilustrasi pantai/Photo by Jessica Joseph on Unsplash

Pantai Tambak Bahak

Pantai Tambak Bahak berada di Tongas, Probolinggo. Pantai ini memang jarang terekspos, namun tak boleh terlewat begitu saja. Di sini Anda bisa menyaksikan matahari terbenam di sore hari yang indah. Di sekitar pantai, terdapat pepohonan cemara yang rimbun, cocok untuk bersantai.

Pantai Tambak Sari

Pantai Tambak Sari berada di Desa Sukokerto, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Pantai ini masih belum terlalu dikenal wisatawan.

Tapi, pantai ini menawarkan panorama alami yang begitu indah. Sama seperti pantai lainnya, Pantai Tambak Sari juga memiliki hamparan hutan mangrove yang hijau. Tempat ini kerap menjadi tujuan rekreasi warga setempat.

Lanjutkan Membaca ↓