Sukses

Konsep 'Komunal Branding' Trenggalek Dapat Pujian dari Hermawan Kertajaya

Pendiri International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Hermawan Kertajaya memuji konsep komunal branding yang tengah dikembangkan Pemkab Trenggalek, dengan melibatkan jaringan UKM.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Hermawan Kertajaya memuji konsep komunal branding yang tengah dikembangkan Pemkab Trenggalek, Jawa Timur, dengan melibatkan jaringan UKM dalam upaya mendorong kemajuan ekonomi masyarakat di daerahnya.

Hermawan Kertajaya hadir langsung ke Trenggalek, Jawa Timur, dalam rangkaian kegiatan "Galang UKM Indonesia" yang diselenggarakan oleh ICSB dengan mengusung tema "Galang UKM Menuju UKM Brilian".

"Konsep komunal branding merupakan inovasi cerdas dari seorang kepala daerah di Trenggalek dan baru pertama kali dilakukan untuk mengangkat UKM daerah," katanya memuji, dilansir dari Antara.

Galang UKM Indonesia kembali hadir untuk mendorong pelaku UKM naik kelas. Kabupaten Trenggalek dipilih menjadi tuan rumah Galang UKM Indonesia yang diselenggarakan oleh International Council for Small Business (ICSB) dengan mengusung tema “Galang UKM Menuju UKM Brilian”.

Hermawan Kertajaya berencana membawa konsep komunal branding ini dalam Rakornas ICSB 23-25 Maret 2020 nanti.

"Dalam marketing tentunya tidak bisa lepas dari branding produk dan customer. Entrepreneurship harus dicampur dengan marketing," kata Hermawan Kertajaya.

Dijelaskan, ICSB merupakan organisasi non-profit dunia yang bertujuan untuk melanjutkan pendidikan manajemen bagi pengusaha dan usaha kecil menengah.

Dewan ini didirikan pada 1956, untuk membantu meningkatkan pengetahuan dari usaha kecil menengah untuk sukses dan memberikan dampak ekonomi dan sosial, bagi kemakmuran suatu negara.

Keanggotaan organisasi ini terdiri dari empat pilar utama ICSB, yaitu Academician, Researcher, Policy Maker dan Business Practitioner.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiprah ICSB Bangun UMKM

Sebelumnya, ICSB sukses menggelar kegiatan "Galang UKM" edisi pertama hingga edisi ketiga. Kini ICSB kembali menggelar kegiatan tersebut tahun 2019.

Ada 25 kabupaten/kota yang dipilih dan Trenggalek menjadi Kabupaten ke 20 dari 25 kabupaten/kota yang dipilih.

Dikonfirmasi terkait kegiatan Galang UKM ini, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menjelaskan bahwa konsep komunal branding tidak hanya menitikberatkan penguatan UKM di hulu saja, melainkan juga dihilirnya.

Artinya, lanjut dia, komunal branding harus dilakukan secara menyeluruh, karena menurutnya marketing harus ada kerjasama yang baik untuk bisa sustainable.

Tidak ada siapa membantu siapa melainkan kita harus bermitra dalam bekerja untuk bisa maju bersama, kata bupati muda asli Trenggalek ini.

Karenanya, Nur Arifin berulangkali menegaskan saat ini sudah waktunya bagi pelaku UMKM dan pemerintah daerah untuk saling bekerja sama demi bisa "still up" (maju) bersama.

"PDRB Trenggalek Rp20 triliun dan Rp10 triliunnya dihasilkan dari UMKM, sehingga sudah tidak waktunya UMKM ditolong, melainkan justru pemerintah dan UKM bermitra untuk bisa bermitra untuk maju bersama," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.