VIDEO: Warga Bojonegoro Mulai Bersihkan Bangunan Roboh Usai Puting Beliung

Oleh Agustina Melani pada 13 Nov 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 13 Nov 2019, 07:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pasca musibah angin puting beliung disertai hujan es di Bojonegoro, Jawa Timur. Warga mulai membersihkan puing-puing bangunan yang roboh. Warga bergotong-royong memperbaiki atap rumah, serta mengevakuasi mobil yang tertimpa besi bangunan.

Sebelumnya, Sabtu sore hujan es disertai angin kencang merusak puluhan rumah dan gedung, serta pohon tumbang. Akibatnya beberapa ruas jalan nasional lumpuh dan memutus jaringan listrik. Inilah kondisi bangunan yang rusak akibat diterjang angin puting beliung disertai hujan es, yang menerjang kawasan Kota Bojonegoro.

Bagian atap gedung rusak parah, serta 2 mobil tertimpa atap bangunan. Seperti yang terjadi di Universitas Sunan Giri, Jalan Ahmad Yani. Bagian atap gedung rusak parah karena terbawa angin dan mulai dibersihkan oleh pihak kampus. Beberapa fasilitas milik Pemerintah Daerah Bojonegoro, juga mengalami kerusakan.

Seperti bangunan milik Dinas Pemadam Kebakaran, ornamen bagian atap ambruk karena terjangan angin yang kencang. Selain itu di mall pelayanan publik juga mengalami kerusakan bagian atapnya.

Sebelumnya hujan es disertai angin kencang melanda Bojonegoro pada Sabtu sore, akibatnya puluhan pohon tumbang, puluhan rumah rusak juga gedung dan kampus porak poranda. Akses jalan nasional penghubung Jawa Timur menuju Jawa Tengah juga lumpuh akibat tertutup puluhan pohon tumbang, seperti di Jalan Gajah Mada.

Musibah juga berdampak putusnya aliran listrik hampir di separuh Kota Bojonegoro, sehingga dalam beberapa jam Kota Bojonegoro sempat  lumpuh. Petugas gabungan dari Pemadam Kebakaran, polisi dan relawan kesulitan mengevakuasi banyaknya pohon yang tumbang, karena terbatasnya alat gergaji pemotong pohon. Demikian seperti diberitakan Fokus, 11 November 2019.