4 Hidangan Hangat di Surabaya yang Cocok Disantap Saat Hujan

Oleh Liputan Enam pada 13 Nov 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 13 Nov 2019, 06:16 WIB
Ilustrasi – Bakso. ( Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo).

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur sudah mulai memasuki musim penghujan. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Jawa Timur (Jatim) akan mengalami musim hujan pada akhir November 2019. 

Musim penghujan dapat mempengaruhi cuaca. Kadang bila hujan turun, suhu udara cenderung lebih dingin dari biasanya.

Cuaca hujan yang dingin akan nikmat bila dipadukan dengan makanan hangat. Di Surabaya terdapat hidangan-hidangan hangat yang bisa dijadikan pilihan kala hujan turun. 

Berikut Liputan6.com rangkum, empat hidangan hangat di Surabaya yang cocok dinikmati saat hujan seperti dikutip dari berbagai sumber: 

1. Kacang Kuah Cak Yudi

Hidangan Kacang Kuah Cak Yudi dapat menjadi pilihan makanan untuk menghangatkan tubuh ketika hujan sedang turun. Anda dapat menemukan hidangan ini di Jalan Raya Darmo Harapan 1, Surabaya, depan Graha Residence Kolam Renang.

Selain menyantap kacang kuah, Anda juga dapat memesan dengan cara dicampur. Anda Anda dapat menyantap tauwa, kacang kuah dan potongan cakwe yang menambah sensasi asin-asin gurih. 

Harga hidangan di sini adalah sekitar Rp 7.500. Kacang Kuah Cak Yudi mulai buka pukul 07:00 sampai 15:00 atau sehabisnya porsi.

2 of 4

Bubur Kacang Ijo

[Bintang] Resep Bubur Kacang Hijau, Minuman yang Bisa Bikin Kenyang
Malas menyantap hidangan berat? Bubur kacang hijau bisa jadi solusi. Ini resepnya!| Via: resepmasakankoki.xyz

2. Bubur Kacang Ijo “Pak Run” 

Berbeda dengan bubur kacang hijau yang disajikan dengan es, Bubur Kacang Ijo “Pak Run” dihidangkan dengan hangat. Untuk itu, bubur kacang hijau ini pas untuk diminum saat cuaca dingin. 

Bubur Kacang Ijo “Pak Run” ini ada di Jalan Gatotan (PKL Suket Bunder), Surabaya. Karena tempatnya semacam pujasera, di sana Anda dapat menemukan berbagai makanan lain seperti sate dan soto.

Anda perlu mengeluarkan uang kurang lebih Rp 8.000 untuk menyantap hidangan ini. Bubur Kacang Ijo “Pak Run” buka sampai malam yakni pukul 10:00 – 23:00. 

3. Bakso Solo Rindu Malam

Bila suasana sedang dingin dan ingin makan makanan berat, Anda bisa coba makan bakso. Salah satu bakso yang bisa menjadi pilihan adalah Bakso Solo Rindu Malam. 

Bakso Solo Rindu Malam menawarkan beragam jenis bakso, seperti bakso kasar, bakso telur puyuh, bakso keju. Selain itu tersedia pula mie kuning, mie putih, dan gorengan untuk pelengkap hidangan bakso.

Bakso Solo Rindu Malam terletak di Jalan Ciliwung Nomor 123, Surabaya, dekat SUTOS. Kedai makan ini buka pada pukul 10:00 – 22:00.

3 of 4

Bubur Ayam

Dingin-Dingin Gini, Paling Enak Santap 5 Makanan Ini!
Bubur Ayam

4. Bubur Ayam Bang Rosi

Dinginnya Kota Surabaya cocok bila dipadukan dengan makanan hangat seperti bubur. Bila biasanya bubur hanya ditemukan saat waktu pagi, Bubur Ayam Bang Rosi dapat mengisi rasa lapar Anda selama 24 jam.

Satu porsi bubur di sana berisi suwiran ayam dan cakwe. Anda juga bisa memesan makanan lain seperti sate telur puyuh atau sate usus sebagai pelengkap. Tak lupa, Anda juga bisa menambah bumbu-bumbu untuk memperkaya rasa.

Bubur Ayam Bang Rosi terletak di Jalan Wiyung, Raya Menganti, Surabaya. Kurang lebih Anda akan menghabiskan Rp 10.000 untuk mengisi rasa lapar di sini.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓