VIDEO: Teatrikal Pertempuran 10 November Warnai Peringatan Hari Pahlawan di Surabaya

Oleh Agustina Melani pada 11 Nov 2019, 16:54 WIB
Diperbarui 11 Nov 2019, 16:54 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pidato Bung Tomo, membakar semangat segenap arek Surabaya untuk mempertahankan kemerdekaan, mengawali aksi teatrikal pertempuran heroik 10 November yang diselenggarakan dalam rangkaian, acara parade Surabaya Juang 2019. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 10 November 2019.

Kisah perlawanan sengit warga Surabaya melawan pasukan Inggris yang diboncengi pasukan kolonial Belanda ini, digelar Sabtu pekan lalu di lokasi yang dulu menjadi medan pertempuran Soerabaja 10 Nopember 1945, antara lain di Tugu Pahlawan, hingga kawasan Taman Bungkul.

Selain untuk menyambut Hari Pahlawan, kisah Pertempuran Surabaya sengaja dihidupkan kembali untuk mentransfer nilai kepahlawanan kepada generasi penerus, khususnya warga kota Surabaya.

"Acara ini diadakan dan dikenalkan kepada anak-anak serta ditanamkan kepada mereka agar kedepannya mereka lebih memahami bagaimana para pejuang melawan para penjajah untuk memerdekakan negeri kita tercinta," kata Anca Surahman, salah seorang warga Kota Surabaya.

Menruut Antiek Sugiarti, Kadis Pariwisata Pemkot Surabaya, hal ini dikemas menjadi tontonan yang menarik sekaligus sebagai media pembelajaran bagi warga masyarakat.

Keinginan itu terwujud, terbukti ribuan warga Surabaya antusias menyaksikan cerita perlawanan pahlawan pendahulu mereka, selain aksi teatrikal, acara Parade Surabaya Juang 2019, juga dimeriahkan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang ambil bagian dengan mengenakan seragam pejuang Tanah Air, sambil menaiki mobil lapis baja.