Sukses

Libur Maulid Nabi, Penumpang Kereta Meningkat di Jember

Jumlah penumpang kereta api di wilayah Daerah Operasi 9 Jember meningkat menjelang libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah penumpang kereta api di wilayah Daerah Operasi 9 Jember meningkat menjelang libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Memang terjadi peningkatan jelang libur Maulid Nabi Muhammad SAW karena bertepatan dengan akhir pekan," ujar Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Jember Mahendro, Trang B, mengutip Antara, Sabtu (9/11/2019).

Bahkan, tiket KA Sritanjung rute Banyuwangi-Lempuyangan terjual habis jelang libur Maulid Nabi Muhammad SAW. "Penumpang KA Sritanjung sudah penuh karena sebagian besar penumpang sudah memesan tiket kereta jauh-jauh hari untuk libur Maulid," ujar dia.

Dia menuturkan, sebagian besar kereta api di wilayah kerja DAOP 9 sepanjang Banyuwangi hingga Pasuruan dengan tujuan ke berbagai daerah diprediksi mencapai 100 persen.

"Libur Maulid Nabi Muhammad SAW bertepatan dengan libur akhir pekan di mana okupansi penumpang selalu 100 persen," ujar dia.

Ia menuturkan, hampir semua rangkaian kereta api jarak jauh yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember selalu meningkat saat libur akhir pekan panjang.

“Meningkatnya okupansi penumpang kereta api tidak hanya terjadi pada keberangkatan di sejumlah stasiun wilayah kerja Daop 9, namun penumpang juga meningkat saat tiba di sejumlah stasiun sepanjang Kabupaten Pasuruan hingga Banyuwangi,” kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

 

PT KAI Daop 9 Jember tidak menambah rangkaian kereta selama libur panjang yang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW karena jumlah rangkaian yang ada masih mencukupi untuk mengangkut penumpang selama liburan akhir pekan.

Rangkaian KA jarak menengah dan jarak jauh yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember yaitu KA Mutiara Timur siang rute Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur malam rute Banyuwangi-Surabaya, KA Sri Tanjung rute Banyuwangi-Yogyakarta.

Kemudian KA Logawa rute Jember-Purwokerto, KA Probowangi rute Banyuwangi-Surabaya, dan KA Tawang Alun jurusan Banyuwangi-Malang (PP), KA Ranggajati jurusan Jember-Cirebon, dan KA Wijayakusuma rute Banyuwangi-Cilacap.

Sedangkan KA lokal dua kali berangkat dari Stasiun Jember maupun Banyuwangi dengan rute Jember-Banyuwangi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.