Pemkot Surabaya Ajak Kerja Bakti di Stadion Gelora Bung Tomo Jumat Pekan Ini

Oleh Agustina Melani pada 07 Nov 2019, 19:00 WIB

Diperbarui 07 Nov 2019, 19:17 WIB

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengajak masyarakat untuk ikut bergabung kerja bakti di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada Jumat (8/11/2019).

Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menuturkan, kerja bakti rutin dilakukan setiap Jumat oleh Pemkot Surabaya. Pada Jumat pekan ini dipilih di Stadion GBT.

Pihaknya memilih Stadion GBT untuk tempat kerja bakti pada Jumat pekan ini karena usai Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) sidak di luar Stadion GBT pada awal pekan ini sehingga memutuskan untuk kerja bakti di Stadion GBT.

"Kemarin setelah dari pantau pembangunan Teluk Kali Lamong dan cek GBT, (ibu-red) bilang perlu dibersihkan. Jadi Jumat ini titik kerja di GBT,” ujar Febri saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (7/11/2019).

Ia menuturkan, ajakan kerja bakti ini juga dapat diikuti masyarakat Surabaya.

Sebelumnya pada akun media sosial di instagram sejumlah lembaga pemerintahan di Surabaya mengunggah ajakan kerja bakti dan ngecat di Stadion GBT pada Jumat, 8 November 2019 mulai pukul 06.00 WIB. Pada unggahan tersebut juga meminta masyarakat yang ikut kerja bakti untuk bawa botol minum sendiri dan disediakan tempat pengisian air minum.

Jadi siap kerja bakti besok di Stadion GBT?

2 of 3

Gelora Bung Tomo dalam Angka

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola Kejuaraan Dunia U-20 pada 2021. Keputusan ini diumumkan langsung oleh Presiden FIFA Gianni Infantino dalam FIFA Council Meeting, Shanghai, Kamis 24 Oktober 2019. 

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah, mengalahkan Peru dan Brasil dalam bidding. Terdapat 10 stadion yang diajukan PSSI ke FIFA dalam bidding  Piala Dunia U-20 salah satunya bertempat di Surabaya, Jawa Timur. 

Salah satu stadion yang akan dipersiapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya adalah Stadion Gelora Bung Tomo. Stadion ini merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center.

Kabar gembira itu juga disambut oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma). Ia bersyukur Indonesia menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola Kejuaraan Dunia U-20 pada 2021.

“Saya mengucapkan puji syukur kepada Tuhan YME, telah mengabulkan keinginan saya untuk membanggakan anak-anak Surabaya. Mereka sangat ingin Surabaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” kata dia.

Risma berjanji akan sekuat tenaga untuk menyiapkan Stadion Gelora Bung Tomo sebagai venue pertandingan. Meski saat penyelenggaraan pertandingan sepak bola kejuaraan dunia U-20, dirinya sudah tak menjabat lagi sebagai Wali Kota Surabaya.

Lantaran, tahapan yang harus dilalui agar bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 begitu berat. Enam bulan lagi  akan ada evaluasi proses persiapan yang telah dilakukan.

"Makanya, saya siapkan semuanya, misalkan fiber optik di Gelora Bung Tomo, beberapa lapangan pendukung yang setengah jam tak jauh dari lapangan utama, maupun tempat penginapan. Insyaallah akan kita siapkan," ujar dia.

Melansir informasi dari berbagai sumber, Stadion Gelora Bung Tomo adalah stadion yang mulai dibangun pada 2008. Biaya konstruksi stadion ini diperkirakan mencapai Rp 500 miliar. 

Stadion yang dirancang oleh arsitek asal Malaysia ini resmi dibuka pada 6 Agustus 2010. Nama Bung Tomo sendiri diambil dari salah satu Pahlawan Nasional Indonesia yang berperan besar bagi Surabaya dalam peristiwa 10 November 1945.

Stadion ini menjadi basis baru bagi Persebaya Surabaya yang sebelumnya ada di Stadion Gelora 10 November. Selain biasa digunakan untuk pertandingan sepak bola, stadion ini juga beberapa kali menjadi tempat pertunjukan musik.  

Berikut adalah Stadion Gelora Bung Tomo dalam angka:

- Kapasitas penonton : 55.000

- Lampu: 1.600 luks

- Jenis rumput: Zoycia Matrella

-  Lintasan atletik: 400 meter, 8 jalur

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓