Sukses

Bawaslu Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada Surabaya 2020

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk pengawasan pelaksanaan Pilkada Surabaya 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk pengawasan pelaksanaan Pilkada Surabaya 2020 mulai 27 November-3 Desember 2019.

"Kami berharap masyarakat juga berperan aktif untuk mensukseskan perekrutan ini dengan ikut mendaftarkan diri sepanjang memenuhi persyaratannya," kata Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi, Komisioner Bawaslu Surabaya, Yaqub Baliyya di Surabaya, Kamis (7/11/2019), demikian mengutip Antara.

Dia menuturkan, pendaftaran panwascam tersebut sesuai dengan dengan Surat Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor 0883/K.Bawaslu/KP.01.00/XI/2019 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwas Kecamatan Tahun 2019.

"Pedoman pelaksanaan pembentukan panwascam sudah terbit, selanjutnya kami akan segera mempersiapkan segala sesuatunya untuk melaksanakan perekrutan panwascam ini," ujar dia.

Sesuai dengan surat keputusan tersebut, lanjut dia, pembentukan panwascam dilalui melalui proses penjaringan dan penyaringan secara terbuka, pemilihan dan penetapan.

Adapun persyaratan menjadi anggota Panwascam di antaranya tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari anggota partai politik sedikitnya lima tahun pada saat mendaftar.

Selain itu, tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD, DPRD serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sekurang-kurangnya dalam jangka lima tahun.

"Bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan pemerintahan atau BUMN/BUMD selama masa keanggotaan apabila terpilih," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahapan dan Jadwal

Adapun tahapan dan jadwal pembentukan Panwascam meliputi pengumuman pendaftaran pada 13-26 November 2019, pendaftaran dan penerimaan berkas 27 November-3 Desember 2019, penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi 27 November-4 Desember 2019, pengumuman hasil penelitian administrasi pada 12 Desember 2019.

Selain itu, tanggapan dan masukan dari masyarakat pada 12-15 Desember 2019, tes tertulis dan wawancara 13-17 Desember 2019, pengumuman hasil tes wawancara 18 Desember 2019 dan pelantikan Panwascam 20-21 Desember 2019.

Yaqub menjelaskan untuk Surabaya dibutuhkan sekitar 93 anggota Panwascam dari 31 kecamatan dengan perincian setiap kecamatan ada tiga anggota Panwascam. "Kami berharap para peminat diharapkan mempersiapkan berkas-berkasnya sedari awal mengingat persyaratannya sangat banyak," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.