10 Tujuan Wisata yang Ada di Kenjeran Surabaya

Oleh Liputan Enam pada 08 Nov 2019, 06:00 WIB

Diperbarui 09 Nov 2019, 18:13 WIB

Wisata Bahari Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur memiliki banyak tujuan wisata kala berlibur. Mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner hingga mistis, semua dapat ditemukan di kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta ini. 

Terdapat satu kawasan di Surabaya yang di dalamnya terdapat banyak tujuan wisata sekaligus. Kawasan tersebut adalah Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya bagian utara. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat datang ke Kenjeran, Surabaya. Entah menikmati pemandangan alam laut atau wisata religi dapat dilakukan di kawasan ini. Berbagai lokasi di Kenjeran ini juga dapat dijadikan tempat untuk mengambil foto karena latarnya yang indah. 

Berikut Liputan6.com rangkum 10 tempat yang bisa dikunjungi saat ada di Kenjeran, Surabaya dari berbagai sumber:

1. Pantai Kejeran

Pantai Kenjeran adalah wisata bahari yang dimiliki Kota Pahlawan. Pantai ini terbagi menjadi Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru.

Pantai Kenjeran Lama lebih menawarkan kegiatan wisata konvensional, seperti menikmati pemandangan alami dari ombak atau berlayar menyewa perahu. Sedangkan Pantai Kenjeran Baru dibangun dengan konsep yang lebih modern yakni dengan adanya Waterpark, Pagoda Tian Ti dan lain-lain. 

2. Sky Dome

Sky Dome adalah Duplikasi dari Temple of Heaven (Tian Tan) di Beijing. Sky Dome Surabaya ini berlokasi di area Kenjeran Park.  Sky Dome atau dikenal juga dengan Gedung langit berdiri dengan ketinggian 57 meter dan diameter lingkaran 50 meter. Pengunjugn dapat bebas masuk ke area gedung dan mengambil foto.

2 of 5

Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung, Surabaya
Klenteng Sanggar Agung (Sumber: Istockphoto)

3. Klenteng Sanggar Agung

Tak jauh dari pantai Kenjeran, tepatnya di Jalan Sukoliolo, Pantai Ria Kenjeren, Surabaya, terdapat tempat ibadah Klenteng Sanggar Agung. Bangunan klenteng ini sudah menjadi tempat ibadah pemeluk Tridarma sejak 1999. 

Di sana terdapat patung Kwan Im setinggi kurang lebih 20 meter. Selain itu terdapat pula patung penjaga serta naga panjang di sisi kanan dan kiri. 

4. Patung Buddha 4 Wajah

Patung Budha Empat Wajah atau Four Faces Buddha di Kenjeran ini sudah dibangun sejak 2003. Patung ini diresmikan pada 2004. 

Di sini, Patung Budha 4 wajah memiliki ukuran 9x9 meter. Angka 9 diambil karna menyimbolkan kesempurnaan. Bangun ini dibangun dengan empat pilar yang menyangga stupa di bagian atas. 

5. Kincir Angin Kenjeran Park

Kawasan Kenjeran juga memiliki taman yang bernuansa Belanda. Di sana terdapat padang ilalang yang terdapat kincir angin di bagian tengahnya layaknya Belanda. 

Di sana pula, berjejer banyak pohon tinggi yang estetik. Di kawasan kenjeran ini memang banyak spot foto bertema alam yang bisa diambil.

3 of 5

Jembatan Suroboyo

Salam Senja
Banyak warga memanfaatkan momen liburan untuk menikmati senja di anjungan Jembatan Suroboyo, Kota Surabaya, Jawa Timur. (Liputan6.com/Dhimas Prasaja)

6. Jembatan Suroboyo 

Jembatan Suroboyo teletak di Jalan Raya Pantai Lama, Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya. Ada banyak hal yang bisa ditemukan dengan berkunjung ke jembatan ini. 

Letak Jembatan Suroboyo berdekatan dengan Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Taman Bulak, dan Sentra Ikan Bulak (SIB). Selain itu, di jembatan yang memiliki panjang 18 meter, tinggi 12 meter, dan ditahan dengan 150 tiang pancang ini juga dapat menikmati sensasi laut sekaligus matahari terbenam.

7. Taman Suroboyo

Taman ini baru diresmikan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pada 29 Mei 2019. Di sini terdapat Patung “Suro” dan “Boyo” terbesar di Surabaya. 

Patung “Suro” dan “Boyo” di sini memiliki ukuran tinggi 25,6 meter, dengan tinggi dudukan patung 5 meter, serta diameter 15 meter. Patung ini berdiri megah menghadap kea rah pantai. 

Selain itu, selayaknya taman, terdapat pula area taman yang ditumbuhi berbabagai bunga bugenvil, melati Jepang, kana, pucuk merah, phidelia, dan soka jambon. Ada juga pohon berbunga seperti jacaranda, dan tabebuya. Sedangkan pohon peneduhnya antara lain trembesi, dan pule. 

 

4 of 5

Atlantis Land

5 Destinasi Wisata Liburan Terbaru dan Kekinian di Surabaya
Salah satu destinasi Kenjeran Park yang wajib kamu datangi adalah Atlantis Land Park yang mengusung konsep petualangan ala Disneyland.

8. Atlantis Land

Bagi yang senang dengan wisata air, Kenjeran juga memiliki Atlantis Land. Atlantis Land ini mengusung tema istana di bawah laut. 

Pertunjukan utama dari Atlantis Land adalah air mancur menarinya yang dimulai pada sore hari. Atlantis Land juga dilengkapi dengan wahana Atlantis Waterland dan Boomerang Slide. Sedangkan untuk wahana non-air tedapat Dino Land, Misteri Atlantis, Music Express, dan Carousel.

9. Kampung Nelayan

Surabaya adalah salah satu kota yang memiliki kawasan kampung nelayan. Kampung nelayan tersebut adalah  Kampung Nelayan Kejawan Lor Kenjeran, ada di Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak.

Banyak orang yang menyebut kampung ini dengan “Kampung Warna-Warni”. Hal ini disebabkan dari rumah-rumah di sana yang telah dicat warna-warni oleh Pemkot setempat sejak 2016. Untuk itu, selain pemandangan pesisir, terdapat pula pemandangan warna warni dari rumah-rumah tersebut . 

10. Sentra Ikan Bulak 

Sebagai kawasan pesisir, bukan aneh lagi bila terdapat penjual olahan binatang laut. Untuk itu, di Kenjeran juga ada Sentra Ikan Bulak. Sentra ini merupakan pusat hasil olahan ikan laut Surabaya. 

Letak Sentra Ikan Bulak tidak jauh dari Taman Suroboyo. Rencananya, pemerintah membangun jembatan yang menghubungi keduanya.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

 

 

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓