VIDEO: Aliran Sungai Bengawan Solo Tercemar Limbah Alkohol

VIDEO: Aliran Sungai Bengawan Solo Tercemar Limbah Alkohol

Tercemarnya aliran Sungai Bengawan Solo, tepatnya di kali Samin diketahui oleh petugas intake di tempat pengambilan air sungai untuk air baku, bagi pelanggan PDAM Solo. Saat itu, petugas mendapati air berwarna keruh dan tercium bau alkohol, limbah alkohol ini juga mengakibatkan ikan-ikan mati.

Menurut Purnomo, Petugas Intake, yang diketahui itu adalah limbah alkohol dan kami tidak berani mengambil air baku, karena tercemar limbah.

Tercemarnya air baku berdampak pula bagi para pelanggan PDAM Solo di wilayah Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon. Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi pun terpaksa menghentikan sementara pengolahan air baku.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di daerah Semanggi, PDAM Kota Solo memasok air bersih ke rumah warga. Di sekitar aliran Sungai Bengawan Solo memang terdapat pusat industri etanol tradisional, tepatnya di wilayah Kabupaten Sukoharjo, di daerah itu pula, terdapat industri rumahan kain warna.

Diduga beberapa industri alkohol dan rumahan kain membuang limbahnya ke anak sungai dan mencemari sungai Bengawan Solo. Demikian diberitakan Liputan6, 2 November 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 05 November 2019, 13:14 WIB

Video Terkait

Spotlights