Sukses

Genjot SDM Unggul, Polda Jatim Gelar Lomba 'Demo Kemampuan Fungsi Reskrim'

Polda Jatim menyatakan, ada beberapa hal yang dilombakan dalam kegiatan itu adalah olah TKP dan upaya paksa dengan peserta dari Direktorat Reskrim dan Sat Reskrim Jajaran.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Jawa Timur menggelar lomba Demo Kemampuan Fungsi Reksrim di Mapolda setempat  guna meningkatkan sumber daya Manusia (SDM) unggul anggota sesuai program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan saat membuka lomba mengatakan, beberapa hal yang dilombakan dalam kegiatan itu adalah olah TKP dan Upaya Paksa dengan peserta dari Direktorat Reskrim dan Sat Reskrim Jajaran.

"Presiden Jokowi ingin Indonesia mempunyai SDM unggul demi Indonesia yang naju. Dari sini kami mengambil pelatihan terutama masalah olah TKP," kata Luki, dilansir dari Antara.

Dia menuturkan, olah TKP merupakan hal penting karena selama ini angka kejahatan di wilayah Jatim sangat tinggi dengan kejadian yang cukup rumit.

"Olah TKP jadi hal yang penting dikuasai anggota mengingat angka kejahatan di Jatim cukup tinggi," ujarnya, di Surabaya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Olah TKP

Selain itu, olah TKP adalah hal sangat penting dikuasai anggota reskrim agar kasus dapat diungkap secara maksimal, bukan hanya saat ada kejadian tapi guna mengungkap pelaku dan jaringan.

"Olah TKP juga sangat penting agar kami bisa mengungkap kasus secara maksimal bukan hanya pada saat ada kejadian, tapi mengungkap jaringan pelaku dan TKP lain," ujar Luki.

"Olah TKP sangat penting untuk anggota reskrim. Makanya kami pertama, setelah itu ada satker (satuan kerja) lain untuk meningkatkan SDM unggul," ia menambahkan.

Setelah ada lomba tersebut, Polda Jatim akan mengintensifkan latihan olah TKP hingga ke tingkat Polsek guna mengungkap banyak lagi tindak kejahatan.

"Latihan ini akan kami intensifkan sampai ke tingkat polsek. Sabhara mengolah TKP bagaimana. Intelijennya, jadi semua kita lakukan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.