Sukses

7 Wisata Kuliner Probolinggo Paling Hits, Selalu Menggugah Selera

Wisata kuliner probolinggo yang menggugah selera dapat membuat kamu menjadi ketagihan

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Probolinggo mungkin kalah dengan gaung wisata alamnya, yaitu Gunung Bromo. Hal ini karena Gunung Bromo sudah dikenal lama oleh wisatawan. Namun, tentunya tidak lengkap berkunjung ke Probolinggo bila belum mencicipi kuliner khas-nya. 

Wisata kuliner Probolinggo ini dapat membuat pengalaman liburanmu ke Probolinggo semakin seru dengan aneka rasa makanan yang unik. Mulai dari Rawon, soto, bakso, hingga rumah makan legendaris yang sudah terkenal dan dijamin rasanya bisa kamu kunjungi.

Wisata kuliner probolinggo yang menggugah selera dapat membuat kamu menjadi ketagihan. Bagaimana tidak, dengan bumbu atau rempah-rempah khas yang memanjakan lidah, kamu akan menyesal tidak mencoba kuliner Probolinggo ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (2/11/2019) tentang wisata kuliner probolinggo

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Rawon Nguling

Wisata kuliner Probolinggo yang pertama adalah Rawong Nguling. Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang Rawon Nguling di kota besar yang ada di Jawa Timur. Tapi taukah kamu jika Rawon Nguling ini berasal dari Probolinggo. Lebih tepatnya lokasi asalnya berada adalah di daerah kecamatan Nguling, Probolinggo.

Rumah makan Rawon Nguling ini juga amat sangat legendaris dan selalu ramai di setiap harinya. Perpaduan rawon dengan nasi dan ditambah dengan sambel bajaknya dijamin bikin kamu ketagihan dan bakal balik lagi ke rawon nguling ini.

Lokasinya cukup mudah dijumpai, karena berada di jalur menuju beberapa tempat wisata yang ada di Probolinggo. Alamat lengkapnya berada di jalan Raya 75, Tambak Rejo, Tongas, Probolinggo.

3 dari 8 halaman

Bakso Pak Eddy

Wisata Kuliner Probolinggo selanjutnya adalah Bakso Pak Eddy. Terletak di Jalan Soekarno Hatta, warung Bakso Eddy tak pernah sepi oleh pengunjung. Bagaimana tidak, bakso yang diracik oleh Pak Eddy ini selalu enak dan tak berubah sejak awal berjualan.

Satu porsi di Bakso Eddy berisi beragam menu menggiurkan. Ada bakso seperti urat berbentuk segitiga, ati, telur serta tahu isi dan bakwan goreng. Aneka menu tersebut makin nikmat dengan siraman kuah bening yang aromanya semerbak. Apalagi ditambah dengan daun seledri serta sambal khas racikan Pak Eddy.

Kedai ini disebut sudah berdiri sejak 1997. Bahkan menjadi langganan para artis jika berkunjung ke Probolinggo.

4 dari 8 halaman

Soto Ayam Kraksaan Pak Koya

Warung Soto Pak Koya yang berada di sebelah barat Gedung Islamic Center, tepatnya di Jalan Mayjen Sutoyo, Kota Kraksaan merupakan salah satu wisata kuliner Probolinggo yang tak boleh dilewatkan.

Bisnis keluarga ini dirintis oleh Pak Koya pada sekitar 1950. Kini, usaha kuliner ini diteruskan oleh Mardiyah, cucu Pak Koya. Nikmatnya Soto Pak Koya pernah mendapat penghargaan di tingkat Jawa Timur. Pada 1991, Soto Pak Koya meraih juara pertama makanan khas se-Jawa Timur di Surabaya.

Sekilas, Soto Pak Koya sama dengan soto lainnya. Ada daging ayam kampung, kuah kental, nasi ataupun lontong, dilengkapi dengan telur. Namun, pembedanya adalah tambahan koya hingga serutan kelapa yang digoreng, sehingga rasanya semakin gurih dan nikmat.

5 dari 8 halaman

Rumah Makan Sumber Hidup

Tempat wisata kuliner Probolinggo berikutnya adalah Rumah Makan Sumber Hidup. Sama dengan bakso Pak Eddy, rumah makan Sumber Hidup ini juga menjadi salah satu rumah makan yang sangat populer di Probolinggo.

Rumah makan dengan ruangan yang sangat nyaman, membuat para pengunjungnya betah berlama-lama berada di Rumah Makan Sumber Hidup ini. Lokasinya juga sangat strategis dan mudah untuk ditemui Jalan Panglima Besar Sudirman, Sukabumi, Mayangan, Sukabumi, Probolinggo.

Salah satu menu favorit yang ada di rumah makan ini adalah es krim. Banyak juga sebenarnya pilihan menu makanan berat, camilan dan hidangan penutup yang enak di Rumah Makan Sumber Hidup ini.

6 dari 8 halaman

Depot Sari Rawon

Wisata kuliner Probolinggo selanjutnya masih seputar rawon, yaitu Sari Rawon. Depot Sari Rawon yang berlokasi di Jalan Raya Pesisir, Pesisir, Sumberasih, Probolinggo ini menyuguhkan beberapa menu lezat. Seperti nasi cumi ayam hitam, mie goreng udang, dan nasi rawon yang berisi daging, empal goreng, tempe, dan taburan kecambah.

Jika kamu ingin sesuatu yang berbeda, kamu bisa memesan menu nasi pecel rawon. Campuran bumbu pecel dan kuah rawonnya benar-benar kombinasi yang sangat pas. Harganya pun terbilang tidak begitu mahal.

7 dari 8 halaman

Nasi Campur Nyak Nyong

Nasi Campur Nyak Nyong ini berlokasi di Jl. WR. Supratman, Probolinggo. Wisata kuliner Probolinggo yang satu ini memang sudah populer karena menunya yang sangat lezat.

Dalam seporsi nasi campur ini, kamu akan mendapatkan sejumput serundeng, empal kuah, mie, dendeng kemudian disiram dengan kuah santan yang sangat kental dan sedikit sambal di sisi piring. Tentunya sangat menggugah selera dan bikin ketagihan.

8 dari 8 halaman

Waroeng Kencur

Jika mengunjungi Probolinggo mampir ke Warung Kencur sebagai salah satu wisata kuliner Probolinggo tidak akan membuatmu menyesal. Lokasi yang strategis karena berada di jalur utama akan membuat semua orang yang akan menuju ke bali atau pulang dari bali melewati jalur darat pasti melewati Warung Kencur Probolinggo ini.

Warung Kencur Probolinggo ini bisa dibilang sebagai tempat kuliner probolinggo paling komplit. Tidak hanya menyajikan makanan yang enak dan nikmat, tetapi banyak fasilitas yang bisa digunakan para pengunjung, seperti tempat cuci mobil hingga distro.

Warung ini berada di Jalan PB Sudirman Banjarsari KM. 91, Bayeman, Tongas, Banjarsari, Sumberasih, Probolinggo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.