VIDEO: Fenomena Alam, Sungai di Tengah Hutan Nganjuk Hasilkan Garam

VIDEO: Fenomena Alam, Sungai di Tengah Hutan Nganjuk Hasilkan Garam

Fenomena alam langka saat musim kemarau panjang, terjadi di Nganjuk, Jawa Timur. Sebuah sungai di tengah hutan dapat menghasilkan garam, yang sudah ada sejak turun temurun. Selain itu, air sungainya juga mengeluarkan gelembung seperti air mendidih.

Hamparan garam di pesisir laut mungkin sudah biasa dijumpai, tetapi di Nganjuk, tepatnya di Desa Banggle Kecamatan Lengkong, sebuah sungai yang berada di tengah hutan dan jauh dari laut, dapat mengeluarkan hamparan garam yang cukup banyak. Warga menyebut sungai itu dengan sebutan kali asin.

Di musim hujan maupun kemarau seperti sekarang, sungai ini selalu mengeluarkan garam. Air dari sungai pun mengeluarkan gelembung dari bawah seperti air mendidih namun tidak berbau, dan terasa asin. Sedangkan untuk kondisi airnya apabila dipegang, ada yang panas dan ada pula yang dingin.

Tidak diketahui dengan pasti sejak kapan sungai ini mengeluarkan garam. Fenomena alam langka ini belum pernah dilakukan penelitian oleh pihak terkait.

Namun, air asin dan munculnya gelembung ini sendiri, sudah ada sejak turun temurun dan warga tidak pernah mamanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga ketika musim kemarau kondisi garamnya semakin bertambah, bahkan rasa garamnya lebih asin dibandingkan dengan garam yang berasal dari air laut.

Warga berharap ada uji laboratorium guna mengetahui, apakah ada kandungan garam layak konsumsi atau tidak? Warga juga berharap pemerintah setempat membangun sarana sehingga bisa dijadikan tujuan wisata alternatif.

Berikut videonya pada Liputan6, Rabu 30 Oktober 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 01 November 2019, 15:00 WIB

Video Terkait

Spotlights