Sukses

Masa Tunggu Kerja Lulusan Universitas Jember Rata-Rata 3,8 Bulan

Data itu berdasarkan studi pelacakan jejak alumni atau tracer study yang dilakukan Universitas Jember pada 2019 untuk alumni yang lulus pada 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember (Unej) Akhmad Taufiq menuturkan, rata-rata masa tunggu kerja lulusan Unej yaitu 3,8 bulan.

Selain itu, rata-rata gaji pertama yang diterima mencapai Rp 4,9 juta. Data itu berdasarkan studi pelacakan jejak alumni atau tracer study yang dilakukan Universitas Jember pada 2019 untuk alumni yang lulus pada 2017.

"Tracer study yang dilakukan oleh Pusat Pengembangan Karir LP3M Unej pada Maret hingga Oktober 2019,” ujar dia, mengutip Antara, Rabu (30/10/2019).

Dia menuturkan, pelaksanaan tracer study itu didukung oleh Kemenristekdikti melalui program hibah Tracer Study 2019 untuk 200 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

"Dari tracer study yang kami lakukan, masa tunggu lulusan Universitas Jember mencapai 3,8 bulan dan data itu lebih baik dari tracer study tahun sebelumnya, yakni masa tunggu kerja lulusan Unej masih di kisaran 5 hingga 6 bulan,” ujar dia.

Ia menuturkan, data tersebut dapat diandalkan karena dari 4.600 lulusan pada 2017 tercatat sebanyak 3.003 alumnus yang mengisi kuesioner tracer study yang diajukan LP3M Universitas Jember.

"Kami berharap masa tunggu kerja para lulusan Unej semakin pendek, sehingga pihak LP3M Unej menggelar Job Expo 2019 berdekatan dengan wisuda periode kedua, yang mana setiap periodenya Unej meluluskan sekitar 900 orang dari 15 fakultas dan 103 program studi,” ujar dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyelenggaraan Job Expo

Ia menuturkan, penyelenggaraan Job Expo 2019 di Unej untuk memperpendek jalur dan proses rekrutmen perusahaan dalam mencari pekerja, sehingga dapat menjadi jembatan untuk mempertemukan langsung perusahaan dengan calon pelamar kerja dan mengadakan interaksi langsung.

"Kegiatan Job Expo Unej merupakan kegiatan rutin tahunan yang tujuannya mendekatkan pencari kerja dengan penyedia kerja, sehingga targetnya tahun depan akan kami laksanakan setahun dua kali dengan jumlah perusahaan yang berpartisipasi semakin bertambah,” tutur dia.

Job Expo 2019 yang digelar LP3M Unej itu akan berlangsung selama 30-31 Oktober 2019 dengan diikuti oleh 33 perusahaan dari perbankan hingga perhotelan antara lain Bank Danamon, BTPN, dan BTPN Syariah, PT Pharos, PT Permodalan Nasional Madani, PT Indolakto, Hotel Meotel dan Aston.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.