VIDEO: Pasar Deling di Lereng Gunung Semeru, Transaksi Pakai Koin Bambu

VIDEO: Pasar Deling di Lereng Gunung Semeru, Transaksi Pakai Koin Bambu

Berbelanja ke pasar menggunakan uang rupiah sebagai alat pembayaran, itu sudah biasa. Namun, berbeda dengan di Pasar Deling, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur.

Pasar yang berada di lereng Gunung Semeru tersebut, warga menggunakan koin bambu untuk bertransaksi membeli makanan maupun sayuran.

Pasar Deling terletak di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Deling dalam bahasa lokal setempat artinya bambu, karena pasar ini berada di lokasi Wisata Hutan Bambu di lereng Gunung Semeru, Lumajang.

Di pasar ini warga tidak menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran, melainkan menggunakan koin bambu. Satu koin bambu senilai Rp 2.000. Koin bambu bisa dibeli oleh pengunjung di loket pintu masuk. Berikut video liputannya pada Fokus, 28 Oktober 2019.

Warga bisa membeli aneka jajanan tradisional seperti; kue kucur, dadar gulung, lopis, mendhut, ketan kinco, gatot, dan nasi tiwul. Selain itu di pasar ini juga menjual aneka sayuran hasil kebun petani sekitar.

Dalam transaksi juga tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus, melainkan menggunakan dedaunan serta kertas, hal ini dilakukan, untuk mengurangi sampah plastik.

Pasar Deling di lereng Gunung Semeru ini dibuka setiap satu bulan sekali, pada Rabu pon. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan pasar deling ini, Anda bisa berkunjung ke Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, setiap hari pasaran.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 30 October 2019, 10:00 WIB

Video Terkait

Spotlights