Sukses

Rayakan Hari Oeang, Yuk Menelusuri Sejarah Uang di De Javasche Bank Surabaya

30 Oktober diperingati sebagai Hari Uang. Warga Surabaya bisa melihat perjalanan mata uang rupiah di De Javasche Bank.

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda 30 Oktober diperingati sebagai Hari Oeang? Peringatan Hari Oeang  ini menjadi salah satu momen bersejarah di Indonesia.  

Peringatan ini dimulai sejak 30 Oktober 1946 terjadi Penerbitan Oeang Republik Indonesia atau ORI pertama kalinya. Ada Oeang Republik Indonesia merupakan bentuk pemersatu bangsa dan lambang identitas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia di mata dunia. 

Peringata Hari Oeang ke-73 pada 2019 ini memiliki tema Maju Bersama Menghadapi Tantangan. Bagi warga Surabaya, Anda bisa melihat sejarah uang di Museum De Javasche Bank. Gedung ini menjadi saksi sejarah panjang perbankan Indonesia. De Javasche Bank sudah menjadi cagar budaya sejak 2012. 

Berikut adalah lima hal dari De Javasche Bank Surabaya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Profil Singkat De Javasche Bank

Gedung ini terletak di Jalan Garuda 1, Krembangan Selatan, Surabaya. De Javasche Bank buka setiap hari, mulai pukul 08:00 sampai 16:00.  Tak perlu khawatir masalah biaya untuk berkunjung ke sini. De Javasche Bank dapat diakses secara gratis dan dibuka untuk umum.

De Javasche Bank dengan memiliki gaya arsitektur neo renaissance dan terdapat ukiran khas Jepara di setiap pilarnya. Banyak spot dari gedung ini yang memiliki nilai estetika untuk dijadikan latar foto.  

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Menjadi Gedung Bank Indonesia

2. Sempat Menjadi Bank Indonesia

Banyak yang mengaitkan De Javasche Bank dengan Bank Indonesia (BI). Sebenarnya gedung ini berbeda dengan Museum Bank Indonesia. Namun, gedung ini sempat digunakan oleh BI.

Melansir informasi dari humas.surabaya.go.id, BI sempat beroperasi di Gedung De Javasche Bank saat menunggu pembangunan BI di Jalan Pahlawan, Surabaya. Sejak 1 Juli 1953, De Javasche Bank berubah menjadi Bank Indonesia. 

De Javasche Bank juga berbeda dengan Museum Bank Indonesia. Museum Bank Indonesia hanya ada di Jakarta. Gedung ini lebih tepat disebut dengan bangunan cagar budaya De Javasche Bank. 

3. Terbagi Jadi 3 Lantai dengan Fungsinya yang Berbeda-beda

Gedung yang sudah dibangun sejak 1929 ini terbagi menjadi tiga lantai. Setiap lantai tersebut memiliki fungsinya masing-masing yang dapat dilihat langsung oleh pengunjung. 

Untuk lantai pertama, terdapat ruang bawah tanah (basement). Ruang ini dikhususkan untuk menyimpan uang, emas, dan berbagai dokumen penting lain. 

Sedangkan untuk lantai dua adalah untuk kantor dan teller. Lantai teratas adalah untuk tempat dokumentasi. 

Sebelumnya, pintu masuk terletak di lantai dua berbentuk pintu putar. Namun sekarang, pintu masuk cagar budaya ini terletak di lantai pertama atau basement.

3 dari 3 halaman

Koleksi De Javasche Bank

4. Koleksi De Javasche Bank

Terdapat banyak koleksi peninggalan sejarah yang sangat bernilai di cagar budaya ini. Pengunjung dapat melihat berbagai seri Uang Rupiah dari zaman dahulu.

Di sini terdapat pula emas batangan 60 ton yang bila dirupiahkan bernilai Rp 6 miliar. Emas ini dapat ditemukan di dalam brankas bawah tanah.

Selain itu, terdapat pula AC alami pada zamannya dan kaca patri yang belum pecah hingga saat ini. Kerajinan turun temurun Eropa tersebut sulit ditemukan dan hanya terdapat di beberapa negara saja. 

5. CCTV Gedung yang Unik 

Bila biasanya Anda menjumpai CCTV sebuah toko berbentuk kamera, Anda akan menemukan CCTV yang berbeda di De Javasche Bank. CCTV di gedung ini unik karna berbentuk kaca datar. 

Kaca datar sebagai CCTV itu terpasang di sudut-sudut ruangan. Hal ini membuat petugas keamanan bank tidak perlu mengelilingi setiap lorong ruangan. Petugas keamanan cukup memantau dari depan dengan melihat bayangan di kaca tersebut.

CCTV tradisional ini dipasang untuk memantau teller di lorong bagian belakang yang terdapat brankas De Javasche Bank. Selain itu, CCTV juga diperlukan untuk menjaga aset yang ada di De Javasche Bank.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.