Sukses

Peringati Sumpah Pemuda, Khofifah Ingatkan Persatuan Indonesia Tetap Paling Utama

Bangsa Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober. Lalu apa kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa soal Sumpah Pemuda.

Liputan6.com, Jakarta - Bangsa Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober. Peringatan Hari Sumpah Pemuda mengingatkan perjuangan para pemuda untuk bersatu di kongres pemuda II pada 1928.

Lewat akun instagram @khofifah.ip, pada momen Sumpah Pemuda ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan kalau Sumpah Pemuda tidak berhenti sebatas tiga pernyataan saja.

"Sumpah Pemuda 1928 tak berhenti sebatas tiga pernyataan saja: kebangsaan, tanah air dan bahasa. Lebih dari itu, Sumpah Pemuda mengamanatkan kepada kita semua untuk terus memperkuat dan menjaga tiga pernyataan itu," tulis Khofifah, dikutip dari akun instagramnya, Senin (28/10/2019).

Ia mengingatkan kalau persatuan dan kesatuan Indonesia tetap yang utama. “Beda boleh, pecah jangan. Persatuan dan Kesatuan Indonesia tetap yang paling utama,” tulis dia.

Unggahan Khofifah tersebut disukai 5.026 akun dan mendapatkan 46 komentar hingga artikel ini dibuat. Unggahan tersebut mendapatkan komentar positif dan mengingatkan Bangsa Indonesia, antara lain,

@ulfah3530 Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kita bersatu Indonesia maju, kita berkarya Indonesia jaya, Aamiin.

@halimahtussadiah67 Pemuda Indonesia ayo bangkit, semangat!tunjukkan pada dunia kalau generasi zaman now bisa dibanggakan

@charissa.fionna Selamat hari sumpah pemuda…bersatu kita Indonesia maju

Sebelum Hari Sumpah Pemuda, Khofifah juga mengunggah video yang menunjukkan lagu karya A.Riyanto yang merefleksikan kebangsaan. Lagu ini mengajak untuk selalu mencintai Indonesia.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambut Hari Sumpah Pemuda di Sontoh Laut Surabaya

Sebelumnya, serangkaian acara peringatan Hari Sumpah Pemuda terus mengalir di Surabaya, Jawa Timur. Setelah Pemerintah Kota Surabaya menggelar acara bertajuk "Sumpah Merah Putih" di Monumen Tugu Pahlawan, kini warga Kecamatan Asemrowo menggelar semarak Sumpah Pemuda di destinasi wisata Sontoh Laut, Minggu, 27 Oktober 2019.

Warga memadati kawasan wisata laut itu. Di lokasi acara, juga dimeriahkan berbagai macam kesenian dan hiburan serta disiapkan bazaar UMKM. Warga pun menyerbu berbagai stand UMKM yang menyediakan aneka makanan dan minuman serta produk UMKM lainnya.

Acara inti adalah pelaksanaan ikrar Sumpah Pemuda di Tambat Labuh Sontoh Laut yang diikuti para pelajar lengkap dengan baju-baju adatnya.

Acara semakin meriah ketika para pelajar dan warga serta personil kepolisian Tanjung Perak membentangkan bendera merah putih sepanjang 1.000 meter dengan lebar 12 meter. Berbagai lagu kebangsaan pun turut mengiringinya sehingga membuat suasana khidmat dan menumbuhkan rasa nasionalisme.

Pada kesempatan itu, Camat Asemrowo, Bambang Udi Ukoro mengatakan, acara ini memang dikemas untuk menumbuhkan semangat Sumpah Pemuda sekaligus untuk mempromosikan tujuan wisata Sontoh Laut. 

Bagi dia, ini sangat penting mengingat destinasi wisata itu merupakan kearifan lokal yang harus diperkenalkan kepada khalayak umum. “Jadi, dengan semangat sumpah pemuda ini, kita ingin membangkitkan pengembangan destinasi wisata Sontoh Laut dengan kearifan lokalnya,” kata Bambang.

Menurut dia, melalui berbagai kegiatan berkala itu ingin menyampaikan, Sontoh Laut kini sudah berbenah menjadi sebuah destinasi yang sangat layak untuk dikunjungi. Sebab, di destinasi ini terdapat beberapa keistimewaan, seperti keindahan alamnya yang sangat luar biasa ditambah lagi pemandangan matahari terbit dan terbenamnya. 

"Di kawasan mangrove ini juga terdapat puluhan ribu burung yang terdiri dari berbagai spesies,” kata dia.

Selain itu, wisata ini juga dilengkapi wisata air seperti perahu, wisata sepeda air (SEGAIR) dan juga Ski Lot yang merupakan papan luncur dan biasanya dipakai oleh para nelayan untuk mencari kerang atau rajungan. 

Bahkan, ke depan, area wisata itu juga akan dibangunkan gazebo di tengah laut, sehingga akan menambah menarik untuk jadi spot foto atau pun pemancingan. "Jika sudah ada gazebonya, pasti akan lebih indah menikmati pemandangan wisata di sini,” ujar dia.

Bambang menambahkan, acara menyambut Hari Sumpah Pemuda ini merupakan acara yang kedua yang digelar di wisata tersebut. Acara yang pertama adalah pengibaran bendera merah putih di tengah laut yang ternyata juga banyak mendapatkan apresiasi. 

“Semoga acara-acara semacam ini terus digelar untuk menarik wisatawan berkunjung ke sini,” imbuhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.