VIDEO: Warga Jombang Dulang Rupiah Lewat Kerajinan dari Limbah Kulit Jagung

Oleh Agustina Melani pada 27 Okt 2019, 11:00 WIB
Diperbarui 27 Okt 2019, 11:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari melihat tumpukan sampah kulit jagung di persawahan yang tidak dimanfaatkan. Sejumlah ibu-ibu di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Memanfaatkan kulit jagung kering, sebagai bahan utama kerajinan tangan berbentuk bunga. Alhasil dari karyanya tersebut, berbuah rejeki karena mempunyai nilai jual tinggi.  Demikian mengutip Liputan6, 25 Oktober 2019.

Beginilah aktivitas ibu-ibu di Desa Sambongdukuh, Kecamatan Jombang. Berawal dari mengisi waktu luang, mereka berhasil menciptakan kerajinan bernilai ekonomis dengan bahan dasar kulit jagung.

Ide pembuatan kerajinan bunga dari kulit jagung ini, berawal dari banyaknya kulit jagung yang terbuang di sawah setelah dipanen. Kemudian oleh beberapa ibu yang tergabung dalam kelompok kerajinan, dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan.

Sebelum diolah, kulit jagung dijemur terlebih dahulu untuk mengurangi kadar airnya, kemudian disetrika, dan diwarnai. Kulit jagung yang sudah diberi pewarna, kemudian dibentuk menjadi daun, hingga mahkota bunga.

Kelompok kerajinan ini awalnya hanya dikerjakan oleh 2 orang saja, namun setelah banyak pesanan, mulai dikerjakan bersama ibu-ibu PKK, dari kampung setempat.

Selain dipakai untuk bahan pembuatan bunga, kulit jagung oleh warga sekitar juga dibuat tas. Kerajinan bunga kulit jagung ini dijual dari harga Rp 25 ribu-Rp 50 ribu. Sementara untuk tas, bisa mencapai harga Rp 150 ribu.

Karya ibu-ibu PKK, ini dijual dengan mengikuti pameran maupun ada acara-acara tertentu serta melalui media sosial. Hasilnya mereka mampu meraup keuntungan jutaan rupiah dan bisa menambah pendapatan keluarga. 

 

Berikut kita simak videonya