Surabaya Benahi Lima Lapangan Pendamping untuk Piala Dunia U-20

Oleh Liputan6.com pada 25 Okt 2019, 22:14 WIB
Diperbarui 25 Okt 2019, 22:14 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Perbesar
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya siap membenahi lima lapangan pendamping yang akan digunakan sebagai tempat latihan tim peserta Piala Dunia U-20 2021.

"Ini bentuk keseriusan Surabaya menyambut tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021,” tutur Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kota Surabaya Afghani Wardhana mengutip Antara, Jumat (25/10/2019).

Jika Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya yang diajukan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021 disetujui FIFA, Surabaya harus menyiapkan lima lapangan pendamping untuk tempat latihan.

Kelima lapangan pendamping yang disiapkan Pemkot Surabaya untuk Piala Dunia U-2O 2021 masing-masing Stadion Gelora 10 November, Lapangan Karangayam, Lapangan Lakarsantri, Lapangan Sambikerep, dan Lapangan Sememi.

Afghani menuturkan, kelima lapangan tersebut akan dibenahi dengan sarana dan fasilitas yang sesuai standar internasional (FIFA), seperti ruang ganti pemain, toilet, lampu lapangan hingga penutup atau pagar agar latihannya bisa bersifat tertutup.

"Sekarang sudah ada yang sedang dibenahi dan di lima lapangan itu harus benar-benar memenuhi standar FIFA,” ujar dia.

Mantan Sekretaris DPRD Surabaya itu menuturkan, saat ini Surabaya memiliki hampir 50 unit lapangan sepak bola dan 100 lebih lapangan futsal sehingga tak mengalami kesulitan berarti saat membutuhkan lapangan pendamping.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Perbesar
Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Indonesia resmi ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Kepastian ini mencuat usai akun resmi PSSI mengunggahnya media sosial Twitter, Kamis 24 Oktober 2019.

"Alhamdulillah. Astungkara. Puji Tuhan. Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021!! tulis akun resmi PSSI di Twitter.

Sebelumnya, pengumuman disampaikan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam jumpa pers yang digelar usai pertemuan. "Untuk FIFA World Cup U-20 pada 2021 akan digelar di Indonesia," kata Infantino. "Selamat, selamat untuk Indonesia," Infantino menambahkan.

Bagi Indonesia, ini pertama kalinya besar sekelas Piala Dunia, meski untuk kategori junior. Terakhir, Negeri Tercinta menggelar Piala Asia tahun 2007, bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Seperti diketahui, ajang Piala Dunia U-20 merupakan ajang junior bergengsi. Dari ajang ini, lahirlah bintang-bintang sekelas Diego Maradona (Argentina), Zvonimir Boban (Yugoslavia), Anders Iniesta (Spanyol), hingga Lionel Messi (Argentina).

Biasanya, mereka datang dari tim-tim yang tampil menjadi juara. Berikut daftar tim-tim yang pernah jadi juara di Piala Dunia U-20.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓