Musim Kemarau Masih Terjadi, Kunjungi 5 Tempat Bikin Adem di Surabaya

Oleh Liputan Enam pada 25 Okt 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 25 Okt 2019, 06:17 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta - Di masa peralihan kemarau menuju hujan (musim pancaroba) ini membuat cuaca tidak menentu. Cuaca dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi alam.   

Beberapa daerah di Pulau Jawa, akhir-akhir ini sedang diterpa suhu panas. Di Surabaya, Jawa Timur, musim kemarau masih berlangsung. Suhu udara di Kota Pahlawan dapat mencapai 35-36 derajat celcius. 

Walau begitu, Surabaya memiliki banyak tempat yang bisa mengurangi rasa panas. Banyak ruang terbuka di Surabaya yang dikelilingi oleh tanaman hijau dan sungai yang luas yang memberikan hawa sejuk.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, lima tempat yang bisa memberikan rasa sejuk di Surabaya, Jumat (24/10/2019):

1. Hutan Pakal Surabaya

Suhu udara yang panas akan berkurang bila kita berteduh di bawah pohon rindang. Di Hutan Pakal Surabaya, saat berkunjung akan banyak menemukan pohon untuk berteduh.

Hutan ini ada di daerah Sidorejo, Pakal, Surabaya. Hutan ini memiliki suasana asri dengan adanya berbagai macam pohon seperti Cemara Udang, Ketepeng, Sawo Kecik, Trembesi, Mahoni, Akasia, Bakau, dan Waru Laut. 

Selain pepohonan, hutan seluas enamhektar ini juga memiliki danau. Danau di sini memiliki bentuk yang unik layaknya kupu-kupu. Pengunjung juga akan mendapati tambak-tambak ikan dan bibit ikan yang dikembangkan seperti bandeng, udang, dan ikan mas.

2. Taman Harmoni

Taman Harmoni dikenal juga dengan Taman Sakura. Taman ini berlokasi di Jalan Keputih Tegal Timur No. 241, Keputih, Sukolilo, Surabaya.  Dulunya, tempat ini merupakan area pembuangan sampah. Namun, kini Taman Harmoni memberikan suasana asri bagi pengunjungnya.

Di sana terdapat banyak macam bunga antara lain bunga mawar,  matahari sepatu dan lain-lain. Tak lupa, sesuai dengan panggilannya, di taman ini pengunjung juga bisa melihat bunga sakura.  Yuk segera berkunjung ke taman ini! Bunga Harmoni di sana sedang bermekaran loh. 

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Taman Ngagel

(Foto: Dok SuaraSurabaya.net)
Tim DKRTH meninjau jogging track dan taman di Stren Kali Mas Ngagel yang memanjang dari depan Novotel hingga Jembatan Ujung Galuh pada Rabu, 10 Juli 2019 (Foto:SuaraSurabaya.net)

3. Taman Ngagel

Taman ini berada di sisi selatan Jembatan Hujung Galuh, Jalan Raya Ngagel, Surabaya. Di ruang terbuka ini, pengunjung bisa menikmati udara sejuk dari tanaman dan wisata air secara sekaligus. 

Bila kita berkunjung ke Taman Ngagel, pemandangan akan didominasi oleh tanaman hijau. Beragam tanaman tertanam di sana. Selain itu, di sediakan pula jalur jogging track untuk yang ingin berolaharaga.

4. Taman Flora Bratang

Sesuai dengan sebutannya, Taman Flora Bratang memiliki tema keanekaragaman flora. Untuk itu, taman dengan luas 2,4 hektar ini ditanami berbagai macam tanaman. Di Taman Flora Bratang, terdapat ratusan jenis pohon yang memberikan hawa sejuk.

Tak hanya itu, suasana sejuk dari tumbuhan juga dilengkapi dengan beragam hewan satwa. Melansir surabaya.go.id, beberapa satwa yang dapat ditemui di taman ini adalah rusa tutul, merak, monyet, dan berbagai jenis burung.

Taman yang disebut juga dengan Techno Park ini dilengkapi pula dengan banyak fasilitas lain seperti Wi-fi, sarana outbond, tempat bermain, air mancur, jalur refleksi dan lain-lain. Lokasi Taman Flora ada di Daerah Bratang (Utara Terminal Bratang).

5. Taman Keputaran

Cuaca panas enaknya melihat yang segar-segar salah satunya genangan air luas. Suasana itu dapat ditemukan di Taman Keputaran, Surabaya.

Lokasi Taman Keputaran menjadi satu dengan Kalimas di Kawasan Keputaran. Pengunjung yang bersantai di taman ini akan langsung mendapat pemandangan dari Sungai Kalimas. 

Untuk itu, sambil berteduh diantara tanaman hijau yang ada di sana, pengunjung juga bisa menikmati gemuruh air dari Sungai Kalimas. Di sana sudah dilengkapi dengan banyak tempat duduk yang bisa digunakan. Taman ini diharapkan dapat menjadi pilihan rekreasi keluarga.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓